Manfaat dan Hikmah Berkurban Di Hari Raya Idul Adha

[caretet.com] Berkurban merupaan suatu kewajiban bagi masyarakat muslim. Namun taukah pembaca bahwasanya ada banyak sekali manfaat dan hikmah dari Berkurban?
Berikut ini penjelasan mengenai manfaat dan hikmah dari berkurban :
1. Mendekatkan diri kepada yang maha kuasa
Sejak diperintakan oleh Allah untuk berkurban maka dari situ awal mula diwajibkan bagi kita terutama bagi yang sudah mampu untuk berkurban.

Karena dari sana Allah akan menguji seberapa besar pengorbanan kita terhadap apa-apa yang sudah kita miliki. Apakah kita merupakan hamba yang sungguh-sungguh mencintai dan mentaati seluruh perintah Allah atau tidak. Dari sana kita akan melihat apakah diri kita memang benar-benar layak menjadi seorang hamba yang mencintai Allah. dan sekaligus menegaskan bahwasanya Allah adalah pemilik dari setiap yang ada di langit dan di bumi.

2. Mendapatkan Bekal Taqwa Untuk dunia dan Akhirat
Sebagai umat manusia yang hidup di atas bumi ini tentu kita sangat mencari bekal taqwa agar kita bisa selamat di dunia maupun di akhirat kelak. Untuk mendapatkan bekal taqwa ini tentu kita harus melaksanakan seluruh perintah Allah dan meninggalkan seluruh larangan-Nya.

Manusia yang sangat bertaqwa kepada Allah akan selalu mengingat bahwasanya dia adalah hamba yang diciptakan untuk menyembah Allah dan tak akan pernah menyembah selain-Nya. Dan Berkurban merupakan salah satu bentuk ketaatan dan patuh terhadap perintah Allah.

3. Lebih mendekatkan diri Kepada Allah
Kurban merupakan asal dari kata "qaruba" dan kata qurb memiliki arti "dekat", taqarrub memiliki arti "mendekatkan diri", dan ariba' memiliki arti "kerebat". Dari pengertian-pengertian diatas dapat kita simpulkan ketika kita berkurban sama halnya dengan kita mendekatkan diri kepada Allah dan selain itu kita juga mendekatkan diri dengan karib kerabat yang ada di sekitar kita.

Dan dari sana kita akan selalu mengingat bekal apa yang nantinya kita bawa ketika kita berjumpa dengan yang maha kuasa.

4. Mensuikan diri dan Harta
Setiap Kebaikan yang dilakukan merupakan sedekah, dan sedekah merupakan salah satu alternatif untuk mensucikan diri dan harta. Sedangkan berkurban merupakan amal badah yang sangat disukai oleh Allah.

Dalam hadis yang diriwayatkan HR. Tirmidzi mengatakan :
"Setiap kebaikan adalah sedekah, yang berfungsi untuk mensucikan diri dan harta. Ibadah kurban adalah amal kebaikan yang amat disukai Allah di Hari Raya Idul Adha.

5. Sebagai Penebus dosa
Dengan berkurban kita juga dapat menebus segala dosa-dosa yang telah kita perbuat.
seperti yang diriwayatkan oleh HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban :
"Hai Fatimah, Berdirilah disisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosa mu yang telah lalu".

Nah dari beberapa Hikmah dan manfaat diatas apakah kita masih tidak mau untuk berkurban?
Sumber :
Dompet Duafa. "Yuk Simak 9 Hikmah dan Manfaat dalam Berkurban". Diakses 2 September 2017
Labels: Artikel, Religion

Thanks for reading Manfaat dan Hikmah Berkurban Di Hari Raya Idul Adha. Please share...!

0 Comment for "Manfaat dan Hikmah Berkurban Di Hari Raya Idul Adha"

Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak di website kami.
dan mohon maaf bagi yang bertanya jika kami lambat dalam meresponnya. akan tetapi akan kami usahakan untuk membalas secepatnya.

THANKS

Back To Top