Pengertian, Etimologi, Sejarah Manajemen yang Perlu Kita Ketahui


- Pengertian
Pengertian Manajemen menurut Wikipedia adalah Seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Dan secara umum Defenisi dari Manajemen adalah suatu seni mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam organisasi melalui proses perencanaan, analisis, pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya manusia dengan cara efektif dan efesien.

Sedangkan menurut para ahli lainnya seperti :

Mary Parker Follet
Mendefenisikan " Seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi"

Ricky W. Griffin
mendefinisikan " manajemen merupakan sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.

- Etimologi
Jika dibawakan ke bahasa Inggris, manajemen berasal dari kata manage, yaitu jika diartikan kedalam bahasa indonesia berarti "mengendalikan atau mengelola". sedangkan dalam bahasa Perancis manajemen berasal dari kata menagement yang memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur".

Dan jika dibawakan dalam bahasa Italia, manajemen berasal dari kata meneggiare yang memiliki arti "mengendalikan". Jika kita lihat dari beberapa pengertian manajemen diatas tadi dapat kita simpulkan bahwa, manajemen merupakan Sebuah seni yang mengendalikan dan melaksanakan arahan kepada orang lain untuk mencapai tujuan utama dalam organisasi, melalui proses perencanaan, analisa, pengorganisasian dan pengelolaan sumber daya manusia dengan cara efektif dan efesien.

- Sejarah
Untuk mengetahui sejarah manajemen tidak seorang pun peneliti yang berhasil menemukan kapan asal mula sejarah manajemen. Namun seperti kita ketahui sejak zaman dahulu kala ilmu manajemen ini sudah ada.

Hal ini dibuktikan dengan  manusia pertama yaitunya nabi Adam AS yang pada zaman dahulunya sudah berhasil menerapkan ilmu manajemen. Yang mana ketika itu beliau sudah bisa me manage keluarga beliau sehingga kita bisa terlahir sebagai ana cucu keturunan beliau.

Mungkin banyak sekali pembuktian-pembuktian lainnya seperti yang ditemukan para ahli pada saat sekarang ini. dan mungkin pembaca bisa membacanya langsung dari sumber wikipedia yang penulis kutip.


Sumber :
wikipedia. "Manajemen". Diakses 5 September 2017
Kembar. "Pengertian, Fungsi dan tujuan Manajemen Perusahaan". Diakses 5 September 2017

Gambar :
Akutansi dan Manajemen
Labels: Artikel, Ilmu Pengetahuan

Thanks for reading Pengertian, Etimologi, Sejarah Manajemen yang Perlu Kita Ketahui. Please share...!

1 Comment for "Pengertian, Etimologi, Sejarah Manajemen yang Perlu Kita Ketahui"

terimakasih informasinya

Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak di website kami.
dan mohon maaf bagi yang bertanya jika kami lambat dalam meresponnya. akan tetapi akan kami usahakan untuk membalas secepatnya.

THANKS

Back To Top