3 Pembagian Hewan Berdasarkan Jenis Makanan [Science]


www.caretet.com
Hewan atau binatang jika di alam bebas mempunyai jenis makanan tersendiri. Jenis makanan hewan pun juga sudah tersedia di alam ini.

Untuk mengetahui sumber makanan dari hewan dapat kita bedakan menjadi dua, yaitu tumbuhan dan hewan. Jika kita melihat sumber makanan yang berasal dari tumbuhan yaitu daun, batang, akar, buah, biji dan akar. Sedangkan sumber makanan yang berasal dari hewan diantaranya berupa daging dan tulang.

Hewan dapat digolongkan berdasarkan jenis makanannya

Tantu kita semua sudah mengetahui tentang jenis makanan dari hewan. Jika berdasarkan jenis makanannya hewan dapat digolongankan menjadi
1. Hewan Herbivora (Pemakan Tumbuhan)
2. Hewan Karnivora (Pemakan Hewan)
3. Hewan Omnivora (Pemakan Hewan dan Tumbuhan)

Untuk penggolongan jenis makanan hewan di atas akan kita bahas satu per satu:
1. Hewan Herbivora
Hewan Herbivora merupakan hewan pemakan tumbuh-tumbuhan. Hewan herbivora biasanya memakan bagian-bagian dari tumbuhan seperti daun, batang, buah, biji dan akar.

Contoh dari hewan pemakan dedaunan dari tumbuhan misalnya seperti sapi, kambing, kuda dan beberapa binatang lainnya. Untuk binatang pemakan buah contohnya seperti monyet, tupai, dan binatang-binatang lainnya. selanjutnya untuk binatang pemakan biji contohnya seperti beberapa jenis burung dan untuk binatang pemakan akar contohnya wortel yang dimakan kelinci dan umbi-umbian yang dimakan babi.

Hewan herbivora memiliki ciri-ciri umum seperti mempunyai gigi seri dan gigi geraham. Gigi seri berfungsi untuk memotong-motong makanan sedangkan gigi geraham berfungsi untuk mengunyak dan menghaluskan makanan agar mudah dicerna oleh tubuh. 

Hewan Herbivora umumnya dapat dijadikan menjadi binatang ternak karena kebanyakan dari binatang herbivora tidak berbahaya untuk manusia.

2. Hewan Karnivora
Hewan Karnivora merupakan hewan pemakan hewan, baik itu yang sejenis dengan dirinya ataupun hewan lainnya. Jika kita ingin mengetahui hewan apa saja yang termasuk hewan karnivora yang berada di antara kita baik itu di dalam rumah, sekolah ataupun di halaman contohnya seperti anjing dan kucing. Anjing memakan  daging dan tulang sedangkan kucing juga begitu.

Sebagian besar hewan karnivora ini merupakan hewan-hewan liar, seperti harimau, singa, buaya dan lain-lain.

Hewan karnivora memiliki ciri-ciri umum seperti memiliki gigi taring, karena taringnya ini lah nantinya yang akan berfungsi sebagai pengoyak makanan.

3. Hewan Omnivora
Sepeti yang kita ketahui, hewan omnivora merupakan gabungan antara hewan herbivora dan karnivora yaitu pemakan daging dan tumbuhan. hewan omnivora dikenal sebagai hewan pemakan segalanya. ciri-ciri hewan omnivora adalah memiliki gigi seri yang tajam gunanya untuk memotong dan menggigit, sedangkan gigi geraham digunakan untuk mengunyah.

Contoh hewan omnivora seperti, tikus, monyet, burung dan lain-lain.

nah itu lah sedikit pembahasan tentang pembagian binatang berdasarkan golongan makanan, namun ada satu lagi golongan hewan berdasarkan makanan yaitu hewan insektivora. Hewan ini biasanya memakan serangga-serangga sebagai makanan utamanya. contoh dari hewan insektivora ini seperti cicak, laba-laba,kodok, kadal dan masih banyak lagi binatang lainnya.

Sekian artikel pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita.
Labels: Artikel, Ilmu Pengetahuan

Thanks for reading 3 Pembagian Hewan Berdasarkan Jenis Makanan [Science]. Please share...!

0 Comment for "3 Pembagian Hewan Berdasarkan Jenis Makanan [Science]"

Terimakasih sudah berkomentar dengan bijak di website kami.
dan mohon maaf bagi yang bertanya jika kami lambat dalam meresponnya. akan tetapi akan kami usahakan untuk membalas secepatnya.

THANKS

Artikel Terbaru

    Back To Top