• Jelajahi

    Copyright © Caretet
    Pituluik Media

    Iklan

    Pariwisata sektor yang paling di incar dalam bidang bisnis dan memiliki beberapa hambatan dalam pengembangan wisata, dan masuk kategori pencarian google tertinggi [Wisata]

    Tuesday, July 18, 2017, July 18, 2017 WIB Last Updated 2018-02-26T11:24:55Z
    [caretet] Pada era tahun 2017 ini banyak sekali lokasi-lokasi pariwisata yang dibuka, baik lokasi pariwisata yang dibuka oleh pemerintah, maupun lokasi pariwisata yang dibuka atas kesadaran masyarakat itu sendiri. Pada saat sekarang ini, di setiap daerah sedang gencar-gencarnya membuat lokasi wisata terutama lokasi wisata alam.

                    Pariwisata atau yang sering dikataan turism adalah perjalanan yang dilakukan saat sekedar rekreasi atau untuk mengisi waktu liburan. [1] Pada saat sekarang ini bayak sekali masyarakat baik masyarakat lokal maupun turis-turis luar negri berdatangan untuk mengunjungi tempat-tepat wisata baru. Karena hal ini lah memberikan peluang bagi setiap daerah untuk mengembangkan ekonominya, karena pengembangan pariwisata masuk kedalam kategori ekonomi kreatif yang nantinya akan meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

    Baca Juga:

                    Sebenarnya pengembangan pariwisata bukan saja akan menguntungkan wilayah tempat wisata itu didirikan, tetapi dengan dibukanya lokasi wisata tersebut dapat mempromosikan wilayah lokasi wisata tersebut di hadapan publik. Selain itu dengan adanya pariwisata sebuah wilayah dapat mempromosikan produk-produk UMK, UKM atau pun UMKM yang berada di wilayah tersebut di hadapan publik. Serta juga dapat meningkatkan perdagangan penjualan barang atau pun jasa.

                    Walaupun pembuatan lokasi pariwisata memiliki dampak baik untuk masyarakat sekitarnya, tentu juga banyak terjadi permaslahan-permasalahan yang akan dihadapi dikutip dari detik dot com, bahwasanya ada beberpa perasalahan yang sering menjadi hambatan berkembangnya pariwisata di indonesia. Di antara nya yaitu;

    Pertama, masalah sarana dan prasarana yang ada pada wisata tersebut, sering kali hal tersebut dilupakan ketika membangun sebuah lokasi pariwisata. Dan juga tidak adanya kesadaran dari diri masyarakat akan pentingnya memperbaiki sarana dan prasarana yang harus di upgrade agar tetap optimal, contoh saja area pariwisata yang menawarkan whana sepeda air. Sering sekali kita melihat banyaknya pengunjung yang tidak memakai pelampung ketika menaiki wahana tersebut, dan alasannya sebenarnya sederhana apabila lokasi wisata tersebut menyediakan pelampung yang berkualitas tentu pengunjung akan mau memakainya. Akan tetapi seperti kia sering lihat, pelampung yang sudah rusah masih saja digunakan oleh pengelola tempat wisata tersebut.
    https://3.bp.blogspot.com/--1uEq3WfAh0/VvEEdeCA4lI/AAAAAAAAByI/CG7VaSoQU1U3LbmXDX6GxpJs_QAWkudNQ/s640/Pariwisata%2BDunia.jpg

    Kedua, masalah sumber daya manusia (SDM). SDM di setiap lokasi wisata harusnya diberikan pelatihan-pelatihan khusus seperti di negara-negara berkembang. Dalam hal ini merupakan tugas pemerintah lah untuk mendatangkan tenaga yang dapat melatih SDM yang ada di wilayah pemerintahannya.

    Ketiga, Masalah komunikasi dan publisitas. Padaa saat sekarang ini banyak sekali lokasi wisata yang dibuka. Dan umumnya lokasi wisata tersebut di buka pada wilayah yang umum nya minim pengetahuan mengenai pariwisata. Tentu lah hal ini sama halnya dengan permasalahan SDM, ini merupakan tugas pemerintah untuk melatih masyarakat dalam memberikan edukasi mengenai komunikasi dan publisitas pariwisata.

    Keempat masalah kebijakan dan peraturan yang berlaku dalam suatu negara atau daerah, masalah ini tentu akan membuat susahnya berkembang pariwisata di suatu daerah tersebut. kelima masalah teknologi dan informasi, masalah ini berhubungan dengan kemudahan turis dalam mengakses banyak info yang ada di suatu negara atau daerah.

                    Terakhir masalah investasi yang belum berkembang di daerah. Hal ini harusnya sudah menjadi kesadaran untuk kita semua menarik investasi ke daerah pariwisata mrupakan hal yag sangt penting. Investsi ini nantinya akan mendukung daerah wisata tersebut, contohnya bisa berupa Hotel, Homestay, restoran, jasa penyewaan transportasi atau peralatan dan lain-lain. Atau kita juga bisa mencontoh negeri gingseng korea yang menyediakan tempat fitnes di alam terbuka di tempat-tempat pariwisata. Karena pada dasarnya turis ataupun masyarakat lokal pada saat sekarang ini sangat memperhatikan masalah kesehatan. Mungkin hal ini dapat memberikan nilai tambah untuk lokasi pariwisata tersebut.

    Kesimpulannya
                    Untuk menciptakan pariwisata yang diminati oleh pengunjung harus memperbaiki bagian internal pariwisata tersebut, serta lokasi wisata tersebut harus dapat ter indek pada google agar masuk kedalam lokasi pariwisata yang paling di incari dan diminati pengunjung. Karena mayoritas penduduk bumi pada saat sekarang ini menggunakan google sebagai alat referensi aabila ingin pergi liburan.

    Referensi:
    1.       Wikipedia, “pariwisata”, diakses 15 juli 2017
    2.       Caretet.com, “Ekonomi kreatif merupakan cara terbaru dalam memecahkan masalah perekonomian dan dapat membuka lapangan pekerjaan baru” diakses 15 juli 2017
    3.       Detik, “masalah utama ariwisata di Indonesia’, di akses 15 juli 2017

    Update: 15 juli 2017
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini