• Jelajahi

    Copyright © Caretet
    Pituluik Media

    Iklan

    Persamaan-persamaan bahasa minang dengan bahasa indonesia yang cukup komplek yang patut kamu ketahui

    Saturday, July 29, 2017, July 29, 2017 WIB Last Updated 2018-02-26T11:24:52Z
    [caretet] nah pada kesempatan yang berbahagia ini bagi teman-teman yang ini belajar bahasa Minangkabau silahkan saja buka artike-artikel yang ada di caretet.com nanti bakal penulis kenalin lagi beberapa bahasa-bahasa Minangkabau yang patut kamu ketahui untuk kamu gunakan di kehidupan sehari-hari.

    Sekarang kita mulai aja dari beberapa kosa kata yang gampang untuk di ingat agar nantinya dalam kehidupan sehari-hari dapat di implementasikan atau dikerjakan, sekalian nih ya mana tau nantinya bahasa Minangkabau bisa dijadikan Bahasa Dunia. Hahahahha

    Kita mulai aja dengan yang simpel :
    Aku : aden
    Kamu : wa’ang
    Namun perlu di ingat dalam bahasa Minangkabau sangat jarang sekali mereka menggunaan dua bahasa ini, karena masyarakat Minangkabau menilai, ini merupakan bahasa yang agak kasar pebawaannnya. Jadi biasanya masyarakat Minangkabau akan memanggil seseorang dengan sebutan nama atau gelar dari pemangku adatnya.

    Baca Juga :

    Kesini : kasiko
    Pergi : pai
    Tidur : lalok
    bangun : jago
    nanti : beko
    ingat : ingek
    lupa : lupo
    ngapain : manga
    itu : tun
    sudah : alah
    kenyang : kanyang
    itulah beberapa kosa kata sehari-hari yang patut untung pembaca fahami, nah selanjutnya kita akan mengenal anggota tubuh kita :
    mata : mato
    rambut : abuak
    dahi : kaniang
    telinga : talingo
    hidung : iduang
    mulut : muncuang
    dagu : daguak
    leher : lihia
    dada : dado
    perut : paruik
    punggung : pungguang

    Baca Juga :

    Nah itu lah beberapa kata yang patut untuk kita ketahui bersama-sama, karena anggota tubuh lainnya sama saja antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Minangkabau. Namun apabila pembaca masih ingin mengetahui beberapa kosa kata lagi maka peulis akan mengajarkannya. Next kita bahas mengenai nama-nama binatang dan tumbuh-tumbuhan

    Kucing : kuciang
    Burung : buruang
    Kambing : kambiang
    Kupu-kupu : ramo-ramo
    Semut : samuik
    Jeruk : limau
    Cabe : lado
    Beras : bareh
    Belimbing : balimbiang
    Nenas : naneh
    Nah itu lah beberapa kosa kata yang patut untuk kita  ketahui, dan mungkin penulis tidak bisa sampaikan seluruhnya pada artikel yang singkat ini. Dan apabila dari pembaca mau memahami mengenai bahasa Minangkabau silahkan meninggalkan pesan di komentar atau bisa juga menghubungi penulis di kontak yang sudah penulis sediakan. Thanks for waching...!
        29 juli 2017
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini