Tuesday, August 15, 2017

15 Kerajinan Tangan yang ada di Indonesia yang Menembus Pasar Internasional

[Caretet] Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak keunikan-keunikan yang tidak dimiliki oleh negara-negara lain. Mulai dari keberagaman Budaya,  Suku, Tradisi dan Lain-lain, semua itu hanyalah ada di indonesia.

Begitu juga dengan kerajinan-kerajinan tangan yang ada di Negara Indonesia. Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali kerajinan tangan yang suah dipasarkan ke pasar Internasional.  Dan pada kesempatan kali ini penulis akan memaparkan 15 Kerajinan tangan yang ada di Indonesia yang menembus pasar Internasional, Berikut pembahasannya :

            1.       Kerajinan Tangan Batik
Sumber: Goodnewsfromindonesia.com

Batik adalah salah satu kerajinan tangan yang membutuhkan ketelitian dalam membuatnya,  proses pembuatan Batik Sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan dalam pembuatan Batik pun seseorang itu harus memiliki jiwa seni yang tinggi agar dapat menciptakan sebuah batik yang memiliki kualitas yang baik.

Kerajinan Batik juga tersebar di beberapa penjuru Negri ini, seperti di beberapa daerah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Walaupun harga Batik cukup mahal, namun hal itu akan terbalaskan ketika kita merasa puas setalah membeli produk Batik tersebut.
Baca Juga:

           2.       Wayang
Sumber: hidupsimpel.com
Wayang merupakan kerajinan tangan yang sudah diakui oleh dunia sebagai salah satu budaya Asli dari indonesia. Dan hal ini pun pencapaian yang sangat memuaskan karena salah satu kerajinan tangan sekaligus budaya Indonesia sudah di akui oleh UNESCO.

Dan wayang sendiri merupakan sebuah tradisi yang sering dimainkan oleh beberapa daerah di Indonesia. Dan permainan wayang pun masih diminati sampai saat sekarang ini.

            3.       Kerajinan Ukiran Kayu
Sumber: Indonesiakaya.com
Sejak daman dahulu Kerajinan Ukiran Kayu memang sudah ada Di atas permukaan bumi ini dan kerajinan ini pun juga dimiliki oleh beberapa Negara di dunia ini. Namun Negara Indonesia juga memiliki keunikan tersendiri dalam hasil pembuatan ukiran kayu. Selain memiliki bentuk, motif, dan desain yang unik kerajinan ukiran kayu di Indonesia juga memiliki unsur budaya di dalamnya.

Karena hal ini lah kerajinan-kerajinan ukiran kayu di Indonesia banyak di incar oleh pasar Internasional. Dan di Indonesia pun kerajinan ukiran kayu ini juga tersebar di seluruh penjuru indonesia. Walaupun ukiran kayu yang terkenal adalah ukiran kayu Jepara namun masih banyak daerah-daerah lain yang memiliki keahlian dalam membuat kerajinan ukiran kayu.

Baca Juga:


            4.       KerajinanPerak

Kerajinan perak masuk ke Indonesia pada Abad 18, yang mana kerajinan perak ini merupakan warisan dari penjajah yang datang ke Indonesia yaitu negara Belanda. Sejak saat itu lah masyarakat Indonesia mulai mengetahui tentang kerajinan perak, walaupun pada kenyataannya ketika itu masyarakat hanya dijadikan budak tetapi hal itu meninggalkan bekas yang positif untuk wawasan dalam pembuatan kerajinan perak.

 Untuk kita ketahui sebenarnya kerajinan logam mulia lain seperti emas, tembaga dan lain-lain juga dilakoni oleh masyarakat Indonesia, namun yang dapat menembus pasar dunia adalah kerajinan-kerajinan perak. Karena itu lah alasan penulis membuat sub judul dengan kerajinan perak. Di indonesia sendiri banyak kota-kota yang memproduksi kerajinan perak ini, dan kota yang terkenal adalah kotagede karena disini lah asal mula kerajinan perak itu ada di Indonesia. Dan ada beberapa daerah lagi yang juga meproduksi kerajinan perak seperti beberapa daerah di sumatera barat seperti Bukittinggi dan Padang. Kedua kota ini merupakan penyuplay produk perak berupa cincin, dan kalung terbanyak dan tersebar ke seluruh Indonesia baik itu ke Jakarta, Jambi, Bengkulu, Batam dan kota-kota lain yang nya yang ada di Indonesia.

             5.       Kerajinan Kulit
 Hasil gambar untuk kerajinan kulit

Kerajinan kulit adalah salah satu kerajina tangan yang dimiliki masyarakat Indonesia, beberapa daerah di indonesia sudah mengembangkan kerajinan kulit agar dapat bersaing di pasar Internasional, beberapa produk yang dihasilkan dari kerajinan Kulit ini berupa, Tas, Sepatu, Baju, Alat-Alat musik dan lain-lain.

Apabila kerajinan tangan yang satu ini kita kembangkan secara baik, tentu nantinya produk-produk kerajinan kulit ini akan dapat bersaing dengan pasar Internasional. Namun disini kita masih banyak membutuhkan banyak kajian-kajian agar produk hasil dari kerajinan tangan Ini bisa awet di tangan konsumen. Dan tentu nantinya kerajinan ini akan banyak diminati banyak orang. 
6.       Tenun
Sumber: indovasi.or.id
Tenun merupakan kerajinan tangan Khas daerah Sumatera, Kalimantan dan Nusa Tenggara. Kerajinan tenun itu sendiri digemari masyarakat dunia dikarenakan keunikan yang dimilikinya. Tenunan yang terkenal di Indonesia adalah Tenun Songket.
Tenun songket sendiri sudah dipasarkan sampai ke pasar dunia, seperti Malaysia, Singapur dan beberapa negara lainnya. 

            7.       Kerajinan tangan menggunakan Batu
Sumber: Pusatbatualam.com

Dari ber Abad-abad yang lalu kerajinan tangan menggunakan Batu ini sudah ada di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan ukiran-ukiran yang ada pada candi-candi yang di buat berabad-abad yang lalu. Pada zaman sekarang ini ada beberapa daerah yang masih melakoni kerajinan tangan menggunakan batu ini seperti Magelang, Bali dan Jepara, biasanya kerajinan ini dibuat dengan cara memahat batu. Dan mungkin suatu saat dengan semakin berkembangnya teknologi pembuatan kerajinan ini bisa saja menggunakan mesin yang canggih yang tentunya juga dapat menghasilkan prakarya yang baik. Namun hal itu tentu saja masih membutuhkan tenaga manusia  agar dapat menciptakan sebuah karya seni yang unik dan menarik.

Dan ditambah lagi dengan beberapa batu mulia yang terkenal di Indonesia, yang mana batu-batu ini memiliki daya tarik yang besar sehingga masyarakat dunia banyak yang melirik batu mulia asli dari Indonesia. Dan pada faktanya banyak sekali batu mulia Indonesia yang diburu oleh beberapa selebriti dunia.

            8.       Kerajinan Tangan Anyaman
Sumber: Indonesiakaya.com
Anyaman merupakan sebuah kerajinan tangan yang cukup menjanjikan, contoh saja anyaman yang terbuat dari bambu dan rotan. yang mana belakangan ini menjadi salah satu ekspor produk dari Negara Indonesia.

Kerajinan ini menjadi salah satu komoditi Industri yang semakin digemari oleh masyarakat Dunia. Dan untuk pembuatan ayaman itu sendiri daerah yang terkenal adalah daerah Cirebon. Walaupun pada kenyataannya masih banyak daerah-daerah lainnya yang memiliki kualitas produk yang mungkin lebih baik dari daerah cirebon. Namun itu tidak lah penting, yang penting adalah masyarakat Indonesia bisa menjadi masarakat yang produktif. Bukan konsumtif pada realita pada saat sekarang ini.

            9.       Gerabah
Sumber: id.wikipedia.org

 Kerajinan tangan Gerabah Indonesia memiliki keunikan tersendiri, selain itu Gerabah Indonesia juga memiliki kualitas yang sangat baik. Dengan tingkat kehalusan dan nilai seni yang tinggi membuat gerabah buatan masyarakat Indonesia menjadi incara bagi masyarakat Internasional. Daerah yang memproduksi gerabah yang terkenal adalah daerah yogyakarta.

Gerabah sendiri juga sudah dapat menembus pasar Internasional, itu merupakan suatu kebanggaan bagi kita.

           10.   Membuat Keramik
Hasil gambar untuk kerajinan keramik 
Pembuatan keramik merupakan salah satu keahlian yang di dapatkan masyarakat Indonesia dari masyarakat Tiongkok, hal ini dikarenakan banyak sekali masyarakat Tiongkok yang bermigrasi ke Indonesia karena negara mereka sudah penuh sesak. Dan pada saat sekarang ini kerajinan tangan keramik buatan masyarakat Indonesia masih sangat diminati masyarakat Dunia, dan fakta dilapangan yang mengejutkan adalah kualitas kerajinan tangan keramik masyarakat Indonesia sudah mengungguli kualitas dari negara asli penghasil keramik tersebut yaitu negara Tiongkok.

Keramik buatan masyarakat Indonesia pun sudah dapat menembus pasar Internasional, dan produk-produk dari keramik Indonesia pun bermacam-macam, mulai dari lantai, miniatur binatang, hiasan dinding dan lain-lain sebagainya.  
           11.   Kerajinan Kerang
Sumber: pixabay.com
Banyak sekali Inovasi-inovasi yang diciptakan masyarakat agar produk-produknya dapat bersaing baik di pasar lokal maupun Internasional. Dengan berbagai macam cara dan berbagai macam percobaan-percobaan dilakukan agar dapat menciptakan suatu karya-karya baru. Ditambah lagi pada saat sekarang ini semua orang lagi gencar-gencarnya mengembangkan Industri-Industri kreatif. Dan mahasiswa-mahasiswa dilatih untuk menjadi seorang Enterpreneur. Hal ini lah yang memunculkan banyak sekali ide-ide baru dalam pembuatan sebuah produk.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Salah satu dari Inovasi yang dilakukan masyarakat Indonesia adalah menggunakan kulit kerang sebagai bahan untuk membuat sebuah produk yang memiliki nilai jual. Belakangan ini sudah banyak sekali industri kreatif ini bermunculan, ini dikarenakan akses untuk pecarian bahan bakunya yang mudah untuk di dapatkan karena negara indonesia memiliki banyak pulau dan hamparan laut indonesia yang luasnya 2/3 dari total keseluruhan wilayah Negara Indonesia.

Maka dari itulah akan memudahkan masyarakat dalam mencari bahan bakunya, karena kerang-kerang ini tersebar diseluruh pantai-pantai yang ada di Indonesia. Kerajinan kerang ini juga merupakan salah satu kerajinan yang sudah disukai masyarakat Internasional, buktinya banyak sekali turis-turis yang membeli hasil karya anak bangsa ini sebagai sufenir ataupun buah tangan ketika berkunjung ke Indonesia.

Dan beberapa hasil dari kerajinan tangan ini berupa lampu dan kap lampu, guci, jam dinding yang memakai motif menggunakan kerang, dan beberapa barang-barang antik lainnya. Dan ditambah lagi pada saat sekarang ini banyak sekali peminat dari kerajinan tangan ini.

Yang dahulunya kulit kerang di anggap hanyalah sebuah limbah sampah, pada saat sekarang ini limbah dari kulit kerang ini sudah dapat dikembangkan menjadi sebuah produk yang memiliki nilai jual tinggi.
            12.    Kerajinan dari Limbah Kayu

Sumber: Netralnews.com
 Biasanya Limbah kayu dijadikan masyarakat Indonesia sebagai kayu bakar untuk memasak keperluan makanan sehari-hari, namun ada juga limbah kayu yang dibuang begitu saja ke sungai. Dan juga beberapa limbah dari Industri-industri kayu yang ada di Indonesia yang juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membuat produk-produk yang memiliki nilai jual.

Seperti di beberapa daerah di Indonesia, contohnya saja di sebuah Dusun Madigondo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta. Di daerah tersebut banyak sekali para pemuda yang membangun bisnis kerajinan tangan ini. Selain dapat membuat produk-produk yang unik dan menarik tentu juga dapat bersaing dipasaran.

Untuk kerajinan tangan didaerah yang satu ini mungkin ada satu kelebihan tersendiri yaitu ketersediaan bahan baku yang mudah didapatkan karena daerah tersebut berdekatan dengan Industri kayu. Para pemuda di daerah ini benar-benar memanfaatkan kesempatan yang langka ini, dengan memanfaatkan limbah Industri kayu ini mereka dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Biasanya kerajinan tangan dari limbah kayu ini menghasilkan produk-produk seperti jam tangan, kacamata, aksesoris akuarium dan lain-lain masih banyak lagi hasil dari kerajinan tangan menggunakan limbah kayu.

Dan dari beberapa info yang penulis baca bahwasanya pemuda-pemuda di daerah dusun Madigondo ini sejak memulai bisnisnya pada tahun 2015 lalu, pada saat sekarang ini mereka sudah dapat memasuki pasar dunia. Contoh saja negara Singapura dan beberapa Negara Eropa yang sudah memesan produk-produk mereka.

Mungkin hal ini juga merupakan suatu pelajaran bagi kita semua, termasuk diri penulis sendiri yang memiliki besik dalam hal kerajinan perak. Mungkin penulis harus membuat prakarya-prakarya baru agar tetap bisa eksis di pasar Internasional. 

            13.   Kerajinan Batang Pisang
Sumber: Mibebi.com
Nah berhubung penulis juga menemukan sebuah kerajinan tangan  dari sebuah artikel mengenai kerajinan tangan dari batang pisang maka dari itu penulis juga berinisiatif untuk memberikan informasi kepada pembaca setia caretet.com.

Menurut penulis membuat kerajinan tangan menggunakan bahan batang pisang ini adalah sesuatu yang unik, dan sangat kreatif. Namun disini penulis tidak bisa menerangkan kepada pembaca bagaimana cara agar batang pisang itu bisa awet jika dibuatkan menjadi sebuah produk.

Mungkin jika pembaca juga berminat membuat kerajinan tangan ini silahkan tanya saja kepada mbah google atau sumber-sumber yang relefan. Nah untuk kerajinan tangan yang satu ini juga memiliki potensi yang besar karena bisa dikatakan pesaing dari bisnis ini tidak banyak. Ditambah lagi kerajinan tangan dari batang pisang ini sudah bisa menembus pasar Internasional.

Nah ide kreatif ini bermula dari seorang Ibu rumah tangga yang bernama Ibu Suminah yang berasal dari Bengkulu. Beliaulah yang mengembangkan produk yang berbahan dasar batang pisang ini sehingga dapat memasuki pasar Internasional.

Dengan keahlian tangan Ibu Suminah ini beliau bisa menciptakan beberapa produk yang memiliki nilai jual, padahal bahan dari produk tersebut adalah batang pisang. Biasanya Ibu Suminah mengolah batang pisang ini menjadi produk siap pakai seperti Tas, Sepatu, Tempat tisu, gantungan kunci dan banyak lagi yang lainnya.

Dan yang cukup mengejutkan adalah kerajinan tangan beliau sudah di ekspor ke Negara Tiongkok dan produk-produk yang beliau buat tersebut banyak diminati oleh masyarakat disana. Ditambah lagi produk Ibu Suminah sudah mendapatkan Branding tersendiri dan juga terkenal di Tiongkok, yang mana produk tersebut diberi merek Mega Souvenir.

Wah, sungguh sesuatu yang sangat membanggakan Ibu rumah tangga yang satu ini. Nah untuk membuktikannya silahkan saja pembaca mengunjungi provinsi bengkulu. Hehehehe dan pada postingan selanjutnya akan penilis telusuri deh dimana lokasi produksi Ibu rumah tangga yang kreatif yang satu ini, mana tau salah satu dari pembaca website caretet.com ingin juga berinvestasi untuk usaha tersebut. 
            14.   Kerajinan Rajut
Sumber: Binisukm.com
Merajut adalah sebuah kerajinan tangan yang sejak zaman dahulu sudah ada, namun dengan perkembangan waktu merajut dijadikan sebuah koditi usaha yang cukup menjanjikan, biasanya merajut hanyalah dikerjakan oleh orang-orang dewasa namun pada saat sekarang ini merajut sudah menjadi komoditi yang dapat dikerjakan oleh segala usia.

Ditambah lagi sekarang banyak bermunculan komunitas/ perkumpulan-perkumpulan merajut di kota-kota besar. Hal ini tentu ada penyebabnya, penyebabnya adalah pada saat sekarang ini kerajinan tangan merajut sudah dapat menembus pasar Internasional. Hal ini lah yang membuat semua orang membuka mata untuk juga ikut andil dalam pengembangan kerajinan tangan merajut ini.
Biasanya komunitas/perkumpulan-perkumpulan ini terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang ingin menambah penghasilannya. Dan produk yang mereka hasilkan berupa tas, dompet, bed cover, taplak meja dan lain-lain.

Bisa dikatakan kerajinan tangan yang satu ini adalah salah satu home Industri yang cukup menjanjikan. Dan semangat mereka-mereka ini harus kita acungi jempol dan kalau bisa skalian kita membeli produk-produknya. Ketimbang kita harus membeli produk-produk impor, apa salahnya kita saling membantu dengan produk-produk kreasi anak bangsa ini.

            15.   Sulaman / Bordir
Sumber: Kerajinanindonesia.id
 Sulaman atau bordir adalah sebuah kerajinan tangan yang cukup familiar bagi kita semua, terutama bagi masyarakat yang beragama muslim tentunya. Keseharian mereka menggunakan produk-produk sulaman seperti mukena, jilbab dan baju koko.

Sama halnya dengan merajut sulaman juga merupakan salah satu kerajinan tangan yang berbasis Home Industri. Di beberapa daerah di Indonesia menyulam merupakan salah satu mata pencarian masyarakat, dari menyulam tersebut masyarakat dapat hidup untuk memenuhi kehidupannya sehari-hari.

Daerah yang terkenal dengan sulamannya adalah daerah Sumatera Barat, banyak sekali masyarakat  Sumatera barat yang melakoni pekerjaan ini. Bahkan pemudi-pemudi pun ikut andil dalam penyulaman ini, selain membantu orang tua mereka. Dengan menyulam mereka juga dapat mandiri dalam kehidupan mereka. Dan tidak lagi harus meminta-minta uang kepada orang tua mereka.

Sudah puas dengan Informasi ini?
Jika pembaca belum puas dengan informasi ini silahkan mengajukannya di dalam komentar. Dan kita harus  mengapresiasi karya-karya yang telah dibuat anak bangsa ini. Mengapresiasinya bukan dengan hanya dengan berbicara. Akan tetapi dengan cara membeli produk-produk buatan anak negri ini.

Apa salahnya jika kita membeli produk asli dari negara kita. Kita sekarang harusnya sadar, dengan membeli produk-produk Impor itu berarti kita membuat kesalahan besar. Hal ini dikarenakan, jika kita terus-terusan membeli produk Impor mulai dari pakaian, smartphone, mobil motor dan lain-lain. Dipastikan negara kita akan menjadi negara termiskin di dunia, sekarang saja kita sudah merasakan bagaimana susahnya perekonomian di negara kita. Bagaimana jika hal ini berkelanjutan terus menerus, apakah pembaca tidak setuju dengan pendapat penulis tadi? Walaupun cukup banyak komoditi yang di ekspor keluar negri, tetapi apakah itu semua cukup untuk menutupi Impor yang harga barangnya selangit?

Jadilah masyarakat yang pintar dan dapat memajukan negara

Sumber :
Oknusantara. “11 Kerajinan Indonesia yang Mendunia”. Diakses 11 agustus 2017
‘Raparapa. “17 Kerajinan Tangan Indonesia di mata Dunia”. Diakses 11 agustus 2017
Jpnn. “sumbar penghasil sulam terbaik di Indonesia”. Diakses 11 Agustus 2017

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, dan jangan lupa dibaca juga artikel kami lainnya. Terimakasih