• Jelajahi

    Copyright © Caretet
    Pituluik Media

    Iklan

    2 Tempat di Kabupaten Agam yang Memproduksi Olahan dari Perak menjadi Perhiasan dan Karya Seni

    Sunday, August 27, 2017, August 27, 2017 WIB Last Updated 2018-02-26T11:24:41Z

    Kabupaten agam merupakan salah satu kabupaten yang memiliki hasil alam yang berlimpah, mungkin tidak semua orang yang mengenal dan tau akan hal ini. Kabupaten Agam merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat.

    Salah satu hasil alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat disana adalah hasil tambang perak yang disulap menjadi perhiasan dan Karya Seni. dan bahan baku perak ini biasanya dibeli langsung dari hasil tambang yang berada di daerah Bonjol, Muaro Tambang dan lain-lain. Walaupun ada juga beberapa diantara mereka yang membelinya melalui cukong ataupun distibutor di pasaran.


    Berikut ini 2 tempat yang ada di Kabupaten Agam yang memproduksi olahan perak menjadi perhiasan dan karya seni :

    1. Jorong Sonsang
    Mungkin tidak semua orang yang mengetahui tentang daerah ini, Jorong Sonsang merupakan sebuah Jorong yang terletak Di Kabupaten Agam, Kec. Tilatang Kamang, Kenagarian Koto Tangah.

    Daerah ini merupakan salah satu daerah yang memproduksi perhiasan perak yang terbesar di Sumatera Barat, umumnya masyarakat Jorong Sonsang padai dalam membuat perhiasan perak, mulai dari yang muda sampai yang tua. biasanya hasil dari produksi mereka dijual kepada ditributor-distributor yang berada di daerah Bukittinggi, Padang, dan Pekan Baru.

    Kemungkinan daerah ini tidak banyak dikenal orang sebagai daerah yang masuk kategori memproduksi perhiasan perak secara manual dikarenakan di daerah ini baru memiliki keahlian dalam mengolah perak kurang lebih dalam 20 tahun yang lalu.

    2. Nagari Koto Gadang
    Siapa yang tidak tahu mengenai daerah yang satu ini. Selain terkenal dengan pusat seni kain songket nagari ini juga terkenal dengan kerajinan peraknya.

    Berbeda dengan daerah Jorong Sonsang, Kerajinan perak di Nagari Koto Gadang sudah terkenal sejak zaman belanda. Dimana hasil dari olahan peraknya tidak hanya disukai oleh warga lokal saja namun warga pendatang bahkan turis Internasional pun menyukai kerajinan perak hasil buatan masyarakat Koto Gadang ini. sama halnya dengan Jorong Sonsang daerah ini merupakan salah satu penghasil perhiasan dan Karya Seni perak terbesar di Sumatera Barat.

    Biasanya kedua daerah ini yaitu Jorong Sonsang dan Nagari Koto Baru, produk-produknya dijual keluar negri melalui distributor atau turis itu yang secara langsung datang ke tempat pengolahan perhiasan perak.

    by Alber Andesko
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini