Skip to main content
Caretet

follow us

Perbedaan Siluman Dengan Setan Yang Harus Anda Ketahui [Artikel]


Apa sih itu siluman?
Bukankah Allah SWT hanya menciptakan makhluk hanya 5, diantaranya manusia, malaikat, jin, hewan dan tumbuhan.

Manusia diciptakan Allah dari tanah liat, Malaikat dari cahaya, Jin dari api sedangkan tumbuhan dan hewan diciptakan dari air.

Lalu masuk makhluk ciptaan Allah SWT yang manakah siluman ini?

Secara umum dapat kita ketahui bahwa Siluman merupakan sosok menyeramkan yang berwajah binatang dan berbadan manusia atau berbadan binatang dan berkepala manusia.

Baca Juga:


Namun tidak semua orang pernah melihat dan bisa melihat makhluk ini dengan mata telanjang. Hanya orang-orang tertentu lah yang dapat melihatnya, kenapa? ini penjelasannya:

Siluman merupakan makhluk sebangsa jin yang merubah bentuknya seperti binatang. Ini lah yang sering disebut-sebut oleh orang awam sebagai siluman.

Biasanya siluman ini pekerjaannya adalah mengganggu manusia yang berada di dekat mereka atau wilayah mereka. Karena sebagian besar jin atau siluman ini akan berkumpul di suatu lokasi dan mendirikan kerjaan mereka sendiri.

Sama halnya dengan manusia, mereka juga haus dengan kekuasaan. Dan akan menyerang siapa saja dari bangsa jin yang berusaha menjatuhkan kekuasaan mereka.

Dan jika bangsa manusia yang mengusik daerah mereka, biasanya mereka akan menakut-nakuti manusia dengan menampakkan diri dengan wujud yang menakutkan atau merasuki tubuh hewan, seperti harimau, ular dan beberapa binatang lainnya.

Setelah kita mengetahui apa itu siluman, lalu apa perbedaan Siluman dengan Setan?

Siluman dan Setan sebenarnya pekerjaan mereka memiliki kesamaan, seperti mengganggu manusia, membuat manusia masuk ke lembah kesesatan dan masih banyak lainnya. hanya saja siluman ini tidak akan selalu berfokus untuk menyesatkan manusia, melainkan mereka lebih berfokus untuk mempertahankan kerajaan, berbeda dengan setan yang pekerjaannya adalah mengganggu manusia dan membuat manusia melakukan perbuatan yang dilarang Allah SWT dan meninggalkan perintah Allah SWT.

Perbedaan lainnya yang membedakan antara siluman dan setan adalah dari segi makhluknya.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bahwa siluman itu merupakan makhluk sejenis jin. Sedangkan Setan adalah sebutan bagi manusia dan jin yang pekerjaannya menyesatkan manusia sehingga manusia tersebut meninggalkan perintah dan mengerjakan larangan Allah SWT.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai pebedaan Siluman dengan Setan yang harus kita fahami. Semoga bermanfaat and regard.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar