Skip to main content
Caretet

follow us

5 Kebiasaan Buruk Anak Zaman Now Ketika Mau Ujian Semester, UN atau pun Ujuan CPNS


Bicara soal ujian pasti anak-anak zaman now langsung pada panik dan kalang kabut ketika mendengarnya. Padahal ujian itu merupakan wadah untuk mengukur sejauh mana kemampuan si anak.

Namun belakangan ini karena terlalu besarnya dorongan dari orang tua agar anak-anak mereka mendapatkan nilai bagus. Hal ini membuat si anak menjadi lebih giat lagi dalam belajar.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan buruk anak zaman now ketika mau menghadapi ujian:

1. Bermain Game
Sumber : Merdeka
Zaman berteknologi canggih seperti saat sekarang ini sangat banyak sekali godaan bagi anak-anak untuk belajar. Baik itu anak-anak yang masih sekolah SD, SMP, SMA, S1maupun anak zaman now yang bakalan ikut test CPNS.

Begitu besarnya godaan game tersebut membuat si anak lupa akan tanggung jawabnya yaitunya menuntut ilmu. Walaupun masih ada segelintir anak yang tahan dengan godaan yang cukup kuat ini mungkin mereka lah yang akan sedikit bermanfaat bagi nusa dan bangsa ini.

Namun dibalik kebiasaan buruk ini ada juga kok anak-anak yang berprestasi, walaupun 1: 100 sih

2. Bermain Dengan Teman Tanpa Melihat Waktu
Sumber : Merries
Ya inilah salah satu kebiasaan buruk anak-anak zaman now, ketika disuruh belajar dia akan bilang. Nanti saja sebentar lagi, lagi mau ke rumah si anu nih sebentar.

Hadeh, bikin kepala pusing anak-anak zaman now. Apalagi anak kuliahan yang pulangnya sering tengah malam, ketika sesampai dirumah tentu badan sudah capek dan setelah itu tidur. Lalu kapan mau belajarnya? Mau di pagi subuh? eh bangunnya kesiangan. Padahal paginya mau ujian tuh, ayo siapa yang pernah ngerasain hal ini?

3. Belajar Kebut Semalam
Sumber: Republika
Yah inilah kebiasan buruk yang paling terburuk yang pernah penulis rasakan. Kejadiannya waktu kuliah dulu, ketika itu akan diadakannya ujian semester. Namun ketika disiang hari penulis masih saja sibuk dengan aktifitas-aktifitas kampus seperti dalam organisasi dan bertemu dengan teman. 

Ketika malam harinya baru ingat kalu besok ada ujian pagi-pagi jam 8. Dan langsung saja deh buka buku, namun karena materi yang dipelajari banyak terpaksa begadang sampai jam 2 pagi dan setelah itu tidur.

Alhasil di pagi harinya kesiangan, ketika itu jam menunjukan jam 7:30. Ketika sadar hal itu langsung bergegas dengan mata yang masih terasa berat masuk kedalam kamar mandi. Setelah itu cuci muka, gosok gigi dan ganti baju (menghabiskan waktu 10 menit). Setelah itu pasang sepatu lalu keluarkan sepeda motor dari bagasi kos (menghabiskan waktu 10 menit).
Sumber: papasemar
Karena sepeda motornya belum dipanaskan sepeda motornya mati-mati. Setelah motornya hidup gas pol no rem dengan kecepatan 100 km/jam. Segala rintangan terlewati, sesampai dikampus berlarian menuju ruangan kelas. Sesampai dikelas teman-teman yang lain sudah pada mengerjakan soal ujian, dengan tampang masam si dosen juga agak jengkel karena telat datang ketika mau ujian.

Ketika itu jam sudah menunjukan jam 08:10, ketika itulah baru terasa ketika ujian setiap detiknya itu terasa sangat berharga. Setelah duduk dikursi, dan membuka lembaran soal baru teringan bahwa belum mandi. Yah sudah lah, lanjut aja orang kan tidak tau. Tapi ketika itu lah semua soal-soal terasa sulit karena pikiran sudah bercabang-cabang dan hasil ujiannya tentu tidak optimal.

Sebaiknya apa yang penulis lakukan tersebut jangan ditiru ya!

Apa sobat yang lain pernah merasakan hal ini?

4. Ketika Mau Ujian Membuat Kunci Jawaban
Sumber: Okezone News
Ini sih pengalaman teman penulis, bagi teman penulis maaf ya pengalamannya penulis ceritakan di depan publik.

Anggap aja nama teman penulis itu si mawar, walaupun sebenarnya dia laki-laki sih. Tetapi karena apes, ya mau gimana lagi mending dikasih nama mawar aja. Nanti kalau dikasih nama ujang bisa-bisa penulis dikejar oleh pak ujang tetangga penulis nantinya.

Ketika itu si mawar sedang membuat kunci jawaban di dalam secarik kertas sebelum ujian dimulai dan menyimpan kertas tersebut di saku bajunya. Namun ketika ujian ternyata soal ujiannya tidak lah sulit malah bisa dikatakan apa yang dihafal itu yang keluar.
Sumber: Malasbanget
Namun sangat disayangkan, ketika si mawar lagi asik membuat jawaban dosen yang mengawas datang menghampirinya dan dosen tersebut melihat kertas yang ada di dalam saku si mawar.

Saat itu si dosen marah besar, kami yang lain jadi hilang konsentrasi ketika mendengar dosen itu marah-marah. Alhasil lembar jawaban si mawar di ambil oleh dosen tersebut dan dia juga di usir dari ruangan. Padahal isi dari kunci jawabannya tidak ada yang sama dengan soal yang diberikan dosen.

Si dosen pun malah tertawa, dan memberitahukan kepada kami semua mengenai kunci jawaban yang si mawar buat. Dan dosen tersebut juga mengatakan kepada kami, "percayalah kepada kemampuan diri kalian masing-masing maka kalian akan dengan mudah mencapai tujuan kalian".

Nah intinya jangan coba-coba membuat kunci jawaban ketika ujian ya.

Yang pernah ketahuan membuat kunci jawaban pasti tau bagaimana rasanya dimarahi dosen ketika ujian sedang berlangsung.

5. Mau Ujian Malah Pacaran
Sumber: Infobermanfaat168
Anak zaman now kalau ga pacaran ga gaul katanya. Heran juga ya, ada juga pendapat seperti ini apa mereka adalah seorang ahli ya yang dapat mengemukakan sebuah pendapat lalu di ikuti oleh orang banyak.

Namun hal inilah yang terjadi pada saat sekarang ini, berpacaran kalau dalam agama islam diharamkan loh. Lalu akan muncul pertanyaan seperti berikut "Bah, lalu pegi mana caranya untuk mencari tau sifat dari pasangan nantinya kalau tidak melalui pacaran terlebih dahulu?"

Pacaran itu pada dasarnya dilarang karena sebagian besar anak zaman now berpacaran berpegangan tangan. Ketika di atas sepeda motor apalagi motor ninja kecepatan motornya hanya 50 km/jam tetapi pelukannya 150 km/jam.

Kembali ke permasalahan utama, biasanya orang yang pacaran dimalam harinya mereka akan telfon-telfonan sehingga mereka jadi lupa jika besok ada ujian. Dan alhasil ujiannya hancur berantakan deh, setelah itu baru sadar akan kesalahan.
Sumber: Kursustofl
Kalau pacarnya pengertian ya sukur deh, tapi jika pacarnya seperti yang di atas ini yang suka telfon-telfonan di malam hari padahal kita besok mau ujian mending putusin aja deh. Jangan sampai masa depan kalian hancur gara-gara satu orang yang belum tentu menjadi milik kalian nantinya.

Mungkin dari kelima kebiasaan buruk ini tidak selamanya akan berdampak buruk, tapi mungkin ini hanya berlaku bagi segelintir orang saja.

Nah sekian dulu artikel ini, semoga pembaca bisa mendapatkan hikmahnya setelah membaca artikel ini. Terlebih terkurang mohon dimaafkan.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar