Skip to main content
Caretet

follow us

Tips Mudah Membuka Cangkang Carger Laptop Yang Rusak Dengan Minyak Kayu Putih

Kemarin charger laptop penulis rusak, alhasil penulis harus membeli charger yang baru. Namun karena rasa penasaran, penulis mencoba untuk memperbaiki charger yang rusak tersebut. Walaupun sebenarnya sudah memiliki charger baru.

Nah dari percobaan membuka cangkang dari charger laptop tersebut penulis kebingungan, karena charger laptop itu tidak memiliki baut atau mor. Setelah lelah mengakalinya penulis selanjutnya mengakali hal tersebut dengan melihat tutorial membuka charger di google.

Setelah mencari-cari ternyata charger laptop tersebut tidak bisa dibuka karena charger tersebut di lem. Alhasil penulis harus mencari cara untuk membuka cangkang charger laptop tersebut.

Baca Juga:



Setelah berselancar di pencarian google dan penulis merasa kurang puas dengan penjelasan-penjelasan yang berputar-putar dalam artikel-artikel yang ada di google, mulai lah penulis mencari tutorialnya melalui youtube. Karena dari youtube kita bisa melihat langsung bagaimana cara membuka cangkang dari charger laptop tersebut.

Setelah melihat beberapa tutorial bertemulah cara yang pas yaitu dengan menggunakan Minyak Kayu Putih. 

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya sangatlah gampang, dan yang kita butuhkan adalah kesabaran. Hal ini agar cangkang dari charger laptop tersebut tidak rusak atau patah. Jadi nanti kalau sobat mau membuka cangkang charger laptop ga usah deh harus menggunakan gergaji, pisau, atau alat-alat lainnya yang bisa merusak charger tersebut.

Jika sobat ingin mencoba mempraktekkan, praktekanlah dengan charger yang memang rusak. Jangan di praktekan ke charger yang masih berfungsi dengan baik. Rugi dong jika menggunakan charger yang masih berfungsi dengan baik.

Tips ini penulis berikan untuk memberikan tutorial untuk memperbaiki charger laptop yang rusak caranya adalah:

1. pertama-tama siapkan terlebih dahulu peralatan dan charger laptop

Peralatan untuk membuka charger laptop ini, sobat cukup menyiapkan satu botol minyak kayu putih.

2. Kedua Silahkan sobat teteskan minyak kayu putih tersebut ke sela-sela bagian charger seperti gambar di atas.

Tetesilah secukupnya, jangan banyak-banyak, karena nanti bisa merusak jaringan yang ada di dalam charger. Fungsi dari minyak kayu putih ini adalah untuk menghilangkan lem yang merekatkan antara kedua cangkang charger.

3. Diamkan selama 15 menit, lalu cobalah membuka charger laptop tersebut dengan cara memutar-mutar kedua bagian cangkang charger tersebut secara belawanan arah.

Dalam tips ini usahakanlah jangan terlalu dipaksakan, nanti sobat bisa mematahkan bagian penghubung atara kedua cangkang charger tersebut.

4.Jika belum membuahkan hasil silahkan di ketuk-ketuk bagian penghubung antara cangkang charger tersebut.

Kalau bisa ketuklah dengan perlahan dan jangan sekali-kali menggunakan kekerasan, nanti bisa pecah chargernya.

Peringatan:
Bersabarlah ketika membuka charger laptop ini. Jika membukanya dengan emosi hasilnya sobat hanya akan menghancurkan cangkang dari charger laptop tersebut.

Baca Juga:


5. Jika belum membuahkan hasil juga, kembalilah menetesi penghubung antar cangkang charger tersebut dengan menggunakan minyak kayu putih, dan diamkanlah selama 15 menit.

Setelah itu putar-putar lagi seperti penjelasan penulis yang sebelumnya, dan tara. Cangkang charger laptopnya sudah terbuka. 

Jika belum terbuka ulangi lagi meneteskan minyak kayu putih.

Nah itu lah tips membuka cangkang charger laptop, semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat yang membutuhkan. 

note: Sobat juga bisa menggunakan tiner grade A sebagai pengganti minyak kayu putih. Dari beberapa tutorial yang sudah penulis baca dengan menggunakan tiner lah agar lem yang melekatkan kedua cangkang charger tersebut bisa cepat hilang.



Editor: Alber Andesko
Sumber Gambar: Faditya Maulana

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar