Skip to main content
Caretet

follow us

Ayo Berkunjung Ke Wisata Bukittinggi | Caretet.com


Bukittinggi terkenal dengan kota wisata, hal ini karena Bukittinggi memiliki banyak tempat-tempat wisatanya. Selain itu tempat wisata yang ada di Kota Bukittinggi juga memaparkan panorama yang sangat indah.

Salah satu yang menjadi ikon dari Kota Bukittinggi adalah Jam Gadang. Dimana Jam Gadang terletak di pusat Kota Bukittinggi yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat setiap harinya.

Keramaian ini pun dikarenakan Jam Gadang terletak di dekat pusat perbelanjaan seperti: Pasar Atas, Pasar Bawah, Pasar Lereng, Jenjang Gudang, Niagara dan Ramayana. Selain dikenal sebagai kota wisata, Bukittinggi juga terkenal sebagai pusat perbelanjaan Sumatera Barat.
Sumber: Wonderful Minangkabau
Sebutan sebagai pusat perbelanjaan tentu ada sebabnya, salah satu penyebabnya adalah salah satu pasar yang ada di Kota Bukittinggi menjual barang-barang grosir dengan harga yang sangat murah. Nama pasar ini adalah Pasar Aur, pasar ini merupakan sentral pasarnya Kota Bukittinggi.

Baca Juga:


Sebagian besar produk pakaian yang ada di Sumatera Barat berasal dari Pasar Aur Bukittinggi. Biasanya orang Padang, Payakumbuh, Batusangkar dan beberapa kota dan kabupaten lainnya membeli produk untuk dijual di Pasar Aur ini.
Pasar Aur Bukittinggi
Sumber: Meteorpost
Kita kembali ke topik artikel, dimana yang akan kita bahas disini adalah tentang wisata Bukittinggi. Mungkin bagi sobat yang sudah pernah berkunjung ke tempat wisata yang ada di Bukittinggi mungkin sudah mengetahui ada beberapa tempat wisata yang paling eksis.

Contoh saja seperti: Jam Gadang, Panorama, Lobang Japang, Jenjang Seribu, Kebun Binatang Kinantan, Benteng Vor de Kock dan masih ada tempat-tempat wisata lainnya yang akan kita paparkan dibawah ini. Mudah-mudahan saja pembaca tidak bosan membaca tulisan-tulisan penulis yang panjang-panjang ya, kan jarang juga penulis mempublikasikan artikel yang panjangnya sepanjang tali baruak.

Berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi jika sobat ke Kota Bukittinggi:
1. Jam Gadang
Jam Gadang Kota Bukittinggi
Sumber: Bolehtanya
Yang pertama adalah Jam Gadang, untuk menuju ke Jam Gadang mungkin penulis tidak perlu menjelaskannya lagi. Karena mungkin pembaca jauh lebih mengetahui jalan alternatif yang paling cepat dibandingkan pendapat yang bakalan penulis tulis.

Seperti yang sudah penulis jelaskan pertama tadi, Jam Gadang merupakan salah satu ikon dari Kota Bukittinggi. Selain itu Jam Gadang yang ada di Kota Bukittinggi  ini adalah jam yang paling spesial di dunia.

Jam yang seperti yang ada di Kota Bukittinggi ini hanya ada dua buah di dunia. Mungkin suatu saat bisa menjadi salah satu warisan dunia.

2. Kebun Binatang Kinantan
Kebun Binatang Kinantan Bukittinggi
Sumber: Promo-jitu
Kebun Binatang Kinantan merupakan satu-satunya kebun binatang yang ada di Sumatera Barat. Selain itu kebun binatang ini memiliki area yang cukup luas, dan memiliki bermacam-macam binatang.

Di area kebun binatang ini terdapat salah satu Rumah Adat Minangkabau, yang mana di dalamnya terdapat beberapa peralatan khas minang. Pengunjung pun dibolehkan memasuki dan melihat-lihat isi dalam Rumah Gadang tersebut.

Selain itu, jika sobat ingin ke Benteng Fort de Kock juga bisa dari kebun binatang ini. Dimana nantinya sobat akan melewati sebuah jembatan penghubung, dan nama jembatan penghubung ini adalah Jembatang Limpapeh.

Sebaliknya bagi sobat yang sudah masuk ke Benteng Fort de Kock juga dapat ke Kebun Binatang Kinantan melalui Jembatan Limpapeh ini.

3. Benteng Fort de Kock
By: Arlisa Jati's
Ini merupakan salah satu tempat peninggalan Negara Belanda di waktu zaman penjajahan dahulu. Benteng ini menjadi salah satu saksi bisu bagaimana para pejuang pada zaman dahulunya berjuang untuk meraih kemerdekaan.

Seperti pembahasan sebelumnya, lokasi dari Benteng Fort de Kock ini sangat berdekatan sekali dengan Kebun Binatang Kinantan. Sehingga untuk mencari lokasi dari tempat wisata ini sangat mudah, dan ditambah lagi Kota Bukittinggi hanya berukuran kecil. Jadi ga bakalan tersesat jika ke Bukittinggi.

Di benteng ini sobat juga dapat melihat beberapa peninggalan seperti meriam yang masih terjaga sampai dengan saat sekarang ini.

4. Panorama dan Lobang Jepang
Panorama Ngarai Sianok
Bukittinggi
Tidak jauh dari lokasi Jam Gadang, kira-kira sejauh 300 meter kita sudah bisa menjumpai objek wisata Panorama dan Lobang Jepang. Kedua tempat wisata ini terletak di satu lokasi yang sama, dimana pintu masuk Lobang Jepang berada di area Panorama.

Sesuai dengan nama objek wisata ini yaitu Panorama sesuatu yang di perlihatkan oleh objek wisata ini adalah panorama alam yang indah. Dimana melalui lokasi Panorama kita dapat melihat keindahan Ngarai Sianok.

Selain itu di Panorama juga terdapat banyak kera liar yang dapat kita beri makan, namun bagi sobat yang ingin memberinya makan diharapkan untuk berhati-hati. Jangan sampai nanti sobat di cakar atau barang bawaan sobat malah dicuri sama itu kera-kera liar.
Sumber: portalwisata
Untuk Lobang Jepang sobat dapat memasukinya sendirian saja, itu sih jika tau jalan-jalan yang ada di dalamnya. Jika tidak hafal mendingan menyewa orang untuk jadi gaet aja deh.

5. Ngarai Sianok, Jenjang 1000 dan Great Wall 
Sumber: Itiakladomudo
Kenapa ketiga Lokasi wisata ini penulis buat menjadi satu nomor?

Alasanya sebenarnya adalah ketiga tempat objek wisata ini merupakan satu lokasi. Jadi selain untuk menghemat tulisan agar tidak terlalu panjang dalam menjelaskan semua tempat wisata yang ada di bukittinggi, maka penulis mengakalinya dengan seperti ini.

Jika kita sudah tau lokasi Panorama tentu kita akan dengan mudah menemukan lokasi Ngarai Sianok. Hal ini dikarenakan dari objek wisara Panorama kita dapat melihat langsung keindahan Ngarai Sianok. Selain itu jalan untuk menuju Ngarai Sianok jika kita dari arah panorama hanya ada satu jalan. Jadi kita tidak akan susah mencari jalan menuju Ngarai Sianok.
Objek wisata Janjang Saribu Bukittinggi
Sumber: wisata sumbar
Selanjutnya Jenjang 1000 yang letaknya berada di area Ngarai Sianok. Objek wisata Jenjang 1000 sebenarnya hanyalah sebuah nama objek wisata saja, jika dihitung seluruh jenjang di lokasi objek wisata ini tidak sampai 1000 jumlahnya.
Geat Wall Bukittinggi
Sumber: Sidomi
Terakhir adalah Great Wall, atau yang sering disebut orang sebagai tembok Cina. Walaupun ukurannya jauh berbeda dengan aslinya.

6. Jenjang 40
Jenjang 40 Bukittinggi
Kita kembali ke arah Jam Gadang Bukittinggi karena disana ada sebuah jenjang yang cukup legendaris, sehingga sering dijadikan sebagai tempat wisata. Terkadang para wisatawan kesana untuk sekedar berfoto-foto sebagai tanda bahwa mereka pernah ke Bukittinggi.

Jenjang 40 merupakan salah satu jalan penghubung antara pasar bawah dan pasar atas Bukittinggi, sehingga bagi masyarakat yang ingin ke pasar bawah ataupun ingin ke pasar atas akan melalui jenjang 40 ini. Walaupun pada dasarnya masih ada alternatif jalan lain, tetapi sangat lucu jika sudah ke Bukittinggi tidak pernah menempuh yang namanya Jenjang 40.

7. Tugu Pahlawan Tanpa Jasa
Tugu Pahlawan Tidak Dikenal Bukittinggi
Sumber: One day in Bukittinggi
Masih berada di dekat-dekat lokasi Jam Gadang ada sebuah tugu yang biasanya selalu ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Baik itu untuk beristirahat melepas rasa penat ataupun hanya untuk sekedar berfoto-foto.

Tugu ini terletak sekitar 100 meter dari Jam Gadang. Tugu pahlawan tak dikenal ini dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan dahulunya.

8. Taman Monumen Bung Hatta
Sumber: Wisata Lengkap
Berdekatan dengan Tugu Pahlawan Tak Dikenal tepatnya di seberang jalan terdapat juga Taman Monumen Bung Hatta, yang merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada bapak poklamator kemerdekaan Indonesia.

Taman ini sangatlah indah, namun para wisatawan hanya dapat berfoto-foto dari luar saja. Karena untuk berfoto-foto di dalam area Taman Monumen Bung Hatta harus melalui izin terlebih dahulu.

9. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta
Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta Bukittinggi
Sumber: Kementrian Luar Negri
Kita beranjak sedikit ke arah Jenjang 40, kira-kira 200 meter dari Jenjang 40 terdapat museum rumah kelahiran bapak poklamator kemerdekaan Indonesia, yaitunya Bung Hatta. Rumah bersejarah ini merupakan tempat kelahiran Bung Hatta.

Dirumah inilah Bung Hatta menikmati masa kecilnya sampai berumur 11 tahun, sampai kemudian beliau melanjutkan pendidikan ke Kota Padang.

10. Taman Ngarai Maaram
Taman Ngarai Maaram Bukittinggi
Sumber: Sumbar Traveller
Berada di sudut Kota Bukittinggi ada sebuah taman yang sangat indah dan tertata dengan rapi, yaitunya Taman Ngarai Maaram. Taman ini berdekatan dengan rumah sakit dr. Acmad Muchtar, sehingga untuk mencari tempat wisata ini sangatlah mudah. Ditambah lagi pada saat sekarang ini teknologi sudah canggih, mau mecari apa pun kita dapat menggunakan internet untuk mencarinya.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kota Bukittinggi, demi kenyamanan para pembaca setia caretet.com agar tidak lelah membaca artikel yang panjang. Maka sekian dulu artikel mengenai pembahasan wisata Bukittinggi ini.

Next time, akan penulis lanjutkan dengan membuat artikel per tempat wisata.

Thanks for waching and Regard



You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar