Skip to main content
Caretet

follow us

Bisa Membuat Perhiasan Cincin, Siswa SMKN 1 Tilatang Kamang Bisa Hidup Mandiri


Setiap orang memiliki keahlian masing-masing yang tentunya bisa tercipta setelah berusaha. Sebenarnya keahlian itu akan muncul apabila seseorang tersebut memiliki kepercayaan diri yang baik.

Dengan belajar dan terus belajar maka sesuatu yang tidak bisa kita lakukan sebelumnya akan dapat kita perbuat. Di dunia ini sangat banyak sekali hal yang bisa kita kembangkan yang ada pada diri kita, contohnya saja seperti seorang siswa yang berasal dari SMK N 1 Tilatang Kamang, Kabupaten Agam.
SMK N 1 Tilatang Kamang
Foto by: SafitriNH
Baca Juga:


Nama siswa ini adalah Zakri Andesko yang merupakan siswa kelas dua jurusan Arsitek di SMK N 1 Tilatang Kamang. Dia sebenarnya hanyalah siswa SMK biasa, yang nilainya pun tidak begitu tinggi dan juga tidak begitu rendah.

Kesehariannya selain menjadi seorang pelajar di SMK N 1 Tilatang Kamang, ia juga bisa dikatakan seorang enterpreneur muda yang sangat cekatan. Ketika setelah menyelesaikan sekolahnya, ia selalu bekerja membuat perhiasan perak untuk nantinya dijual kepada pengepul. Dari sinilah dia mendapatkan uang dan sesekali diberikan kepada orang tuanya untuk meringankan beban kehidupan keluarga.
Proses pembuatan cincin perak
Dari bangku sekolah dasar ia sudah menggeluti pekerjaan ini, sampai saat ini sudah 7 tahun dia melakukan pekerjaan yang masuk kedalam kategori Home Industri sekaligus Hand Made ini. Proses pembuatan perhiasan cincin yang ia buat hanyalah menggunakan pengolahan dengan tangan dengan bantuan beberapa peralatan.
Foto by: Zakri Andesko
Selain membuat perhiasan cincin perak dia juga beternak kelinci, ide ini dia mulai dikarenakan pergaulannya dengan orang-orang yang memiliki jiwa yang sama dengannya. Beternak kelici pun memang baru-baru ini ia geluti, dan jumlah kelinci yang iya pelihara sekarang berjumlah 16 ekor.
Ia memiliki target nantinya dalam satu kandang akan terdapat sekitar 30 ekor kelinci dewasa yang nantinya akan dijadikan sebagai Induk. Dan setiap anak-anak kelinci tersebut akan dijual ke pasaran setelah cukup umur.

Wah, memang keren sekali anak muda yang satu ini. Memiliki jiwa muda yang sangat bersemangat dan pantang menyerah. Mungkin ini adalah salah seorang calon generasi muda yang nantinya akan menentukan ke arah mana Indonesia ini akan berjalan.

Foto by: Zakri Andesko
Semoga saja akan lebih banyak zakri zakri lainnya yang memiliki semangat yang tinggi dan pendidikan tetap berlanjut.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar