• Jelajahi

    Copyright © Caretet
    Pituluik Media

    Iklan

    Tradisi Aneh Menyumbat Hidung Wanita Suku Apatani India

    Wednesday, February 7, 2018, February 07, 2018 WIB Last Updated 2018-02-26T11:24:03Z
    Suku Apatani
    Suku Apatani merupakan salah satu suku yang ada di negara India. Mereka menetap di Lembah ziro yang berada di daerah Arunachal Pradesh, India.

    Suku ini memiliki tradisi aneh suku Apatani ini adalah para wanita dari suku ini menyumbat atau menutupi hidungnya. Tradisi ini tentu memiliki makna tersendiri dari masyarakat yang ada pada suku ini.
    Sumber: Unik dan Viral
    Dilansir dari situs Deutch Welle yang menjelaskan bahwa, beberapa fakta mengenai suku Apatani menjaga setia tradisi ini diantaranya:

    1. Untuk Menutupi Kecantikan yang Dimiliki
    Anak-anak Suku Apatani
    Salah satu tujuan dari tradisi ini adalah untuk menutupi kecantikan yang dimiliki oleh wanita-wanita pada suku ini. Jadi mereka menutup hidungnya agar mereka tidak terlihat cantik lagi.
    Jika dilihat dari bentuk wajah, memang tidak di pungkiri memang ada di antara beberapa wanita suku Apatani yang memiliki wajah yang cantik. Jadi agar tidak di ganggu oleh banyak pria maka tradisi ini dijaga dengan baik oleh suku Apatani pada masa tersebut.

    2. Menghindari Penculikan Wanita
    Sumber: okezone
    Seperti yang dilansir dalam banyak berita dan cerita, wanita suku Apatani sangat sering diculik oleh orang luar. Hal ini dikarenakan kecantikan yang dimiliki oleh para wanita suku Apatani, sehingga tradisi ini sebagai salah satu alternatif bagi mereka agar tidak diculik.

    Sebenarnya masih banyak alternatif yang dapat dilakukan, namun karena mereka masih belum banyak disentuh oleh ilmu pengetahuan maka mereka memilih alternatif tersebut. Selain itu suku ini juga sangat sering di serang oleh suku-suku lainnya karena mungkin salah satunya untuk memiliki wanita dari suku Apatani.

    3. Anting Yaping Hullo
    Sumber: Dreamers
    Alat untuk penyumbat hidung ini dinamakan Anting Yaping Hullo, anting ini terbuat dari batang kayu yang sangat mudah mereka dapatkan di hutan. Selain itu kayu yang digunakan adalah kayu yang steril agar nantinya tidak menyebabkan infeksi.

    Selain dengan cara menutupi hidung dengan menggunakan anting Yaping Hullo, wanita suku Apatani juga menato wajah mereka seperti yang terlihat pada beberapa gambar di atas.

    4. Tradisi Menyumbat Hidung Punah
    Sumber: Cerpen
    Tradis ini sudah punah pada sekitar tahun 1970 an, pada saat sekarang ini para generasi muda suku ini sudah meninggalkan tradisi ini. Mungkin hal ini dikarenakan mereka sudah aman karena sudah banyaknya aturan yang ada yang tentu dapat menyelamatkan wanita dari suku tersebut.

    Selain itu kawasan tempat suku Apatani tinggal juga masuk kedalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, karena kawasannya yang memiliki keunikan dalam menjaga ekosistem.



    Komentar

    Tampilkan

    Terkini