Skip to main content
Caretet

follow us

Danau Maninjau, Wisata Alam Minangkabau Sumatera Barat

Danau Maninjau wisata alam Minangkabau yang terdapat di Kabupaten agam Sumatera Barat. Danau cantik ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi di hari libur.

Sumber Gambar: echopedian.blogspot.com
Danau Maninjau wisata alam Minangkabau yang terdapat di Kabupaten agam Sumatera Barat. Danau cantik ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi di hari libur.
Sejarah
Dari sejarahnya, Danau Maninjau juga bisa dikatakan sebagai danau vulkanik. Hal ini dikarenakan zaman dahulunya sebelum adanya danau ini, diatasnya terdapat Gunung Sitinjau sekitar 52.000 tahun yang lalu.

Akibat dari letusan gunung inilah terbentuknya Danau Maninjau. Sama halnya seperti terbentuknya Toba yang ada di Sumatera Utara dan Danau Batur di Bali.

Baca Juga:

Foto by: Erison J. Kambari
Danau Maninjau
Danau Maninjau terletak pada ketinggian sekitar 460 meter dari permukaan laut, dan memiliki luas sekitar 100 km. Danau ini memiliki kedalaman rata-rata sekitar 105 meter dan memiliki beragam jenis ikan didalamnya.

Selain itu Danau Maninjau masuk kedalam urutan ke 11 dari danau terbesar yang ada di Indonesia.
Lokasi 
Danau Maninjau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Danau ini terletak di wilayah Kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam.

Lebih lengkapnya sobat bisa mengikuti arahan Google Map dibawah ini:
Danau Maninjau merupakan salah satu objek wisata alam yang memiliki keindahan yang memukau. Air danau yang berwarna biru layaknya seperti air laut , dan di sore harinya kita juga akan dapat melihat ombak-ombak ditepian danau.
Objek wisata alam ini sangat populer dikalangan masyarakat Sumatera Barat, yang mana umunya masyarakat Sumatera Barat merupakan berasal dari Etnis Minangkabau. Walaupun pada saat sekarang ini banyak pendatang dari luar daerah seperti dari Medan, Riau, Jambi, Jawa dan beberapa daerah lainnya.

Disekitaran Danau Maninjau juga terdapat banyak sekali tempat wisata lainnya, seperti: Air Terjun dan Pemandian Gadih Ranti, Aia Tigo Raso, Taman Wisata Muko-Muko, Beteng Jepang Muko-Muko dan beberapa objek wisata lainnya.

Mungkin jika sobat tertarik dengan tempat wisata yang berada di sekitaran Danau ini sobat dapat mengunjungi seluruh tempatnya dalam waktu seharian. Hanya saja jika sobat mengunjungi seluruh tempat wisata yang ada di sekitar danau ini, mungkin sobat tidak akan dapat menikmati bagaimana rasanya keidahan alam dan mencoba wahana yang ada dibeberapa lokasi.


You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar