• Jelajahi

    Copyright © Caretet
    Pituluik Media

    Iklan

    Makam Tuanku Nan Renceh, Wisata Sejarah Tokoh Minangkabau Yang Berjuang Untuk Kemerdekaan Indonesia

    Monday, March 12, 2018, March 12, 2018 WIB Last Updated 2018-03-12T04:22:25Z
    Sumber Gambar: fitrimayanidanpemikannya.blogspot.com
    Mungkin pada zaman sekarang ini tidak banyak orang yang mengenal Tuanku Nan Renceh. Karena pada saat sekarang ini kebanyakan orang disibukan dengan kesibukan masing-masing, sehingga membuat kebanyakan orang menjadi lupa bagaimana sejarah sebelum Negara Indonesia Mardeka.

    Bagi masyarakat Minangkabau tentu nama Tuanku Nan Renceh sudah tidak asing lagi. Bagi sobat yang ngakunya orang Minang tetapi tidak tau dengan beliau berarti sobat diragukan jadi orang minang. Sebab sobat tidak tahu dengan salah satu tokoh Minangkabau yang ikut berjuang untuk kemerdekaan negara ini.

    Baca Juga:
    Tuanku Nan Renceh juga merupakan guru bagi seorang pejuang bangsa Negara ini yang fotonya ditampilkan di uang lembaran kertas 5000 pada masa pemerintahan SBY. Ya, tebakan sobat benar sekali beliau adalah Tuanku Imam Bonjol.
    Sumber Gambar: arungi.selatsunda.co.id
    Tuanku Nan Renceh merupakan guru dari Tuanku Imam Bonjol, dimana tuanku Imam Bonjol merupakan salah seorang pahlawan yang berjasa untuk kemerdekaan negara kita ini. Sehingga kita dapat merasakan hidup dengan kenyamanan tanpa harus mendengar suara tembakan dan ledakan.

    Pada masa penjajahan dulu sekitar tahun 1800an Tuanku Nan Renceh adalah sosoh ulama yang membasmi segala bentuk kemungkaran yang ada di Minangkabau, contoh saja seperti minum-minuman keras, judi, sabung ayam dan beberapa hal yang menentang ajaran agama Islam. Pada saat itu Islam memang tergolong kepada agama yang baru dikenal oleh masyarakat Minang, sehingga banyak yang salah dalam mengamalkan ajaran agama.

    Baca Juga Artikel Lainnya:
    Pada masa ini juga lah terjadinya perang saudara di Minangkabau, dimana perang saudara ini terjadi pada sekitar tahun 1825 sampai dengan tahun 1837. Tujuannya pada saat itu adalah untuk menegakkan syari'at Islam di Minangkabau.
    Sumber Gambar: placesmap.com
    Memang cara beliau dulu bisa dikatakan sangat extrim. Tetapi demi agama dan kebaikan umat manusia, beliau rela melakukan hal seperti ini. Apakah kita berani memperjuangkan agama seperti beliau pada zaman seperti saat sekarang ini?

    Untuk mengenang jasa-jasa beliau di waktu zaman dahulu, masyarakat Minang membuat tempat pemakaman yang spesial untuk Tuanku Nan Renceh. Sehingga Makam beliau pun sekarang menjadi spesial dan sering dikunjungi oleh masyarakat Minangkabau.

    Nah itu lah sedikit sejarah kenapa makam Tuanku Nan Renceh ini begitu spesial di Minangkabau.

    Thanks for waching and Regard

    Lokasi makam yang diakses melalui google map:

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini