Skip to main content
Caretet

follow us

Manfaat Deterjen Pakaian Bayi

Banyak orang yang menyamakan pakaian bayi dengan orang dewasa, khususnya saat mencucinya. Saat mencuci pakaian bayi mereka seringkali menggunakan deterjen yang sama dengan yang digunakan untuk mencuci pakaian orang dewasa. Namun, sebenarnya dianjurkan menggunakan deterjen untuk baju bayi secara khusus.

Manfaat Menggunakan Deterjen Pakaian Bayi

Deterjen khusus baju bayi ternyata mempunyai manfaat tersendiri untuk kebersihan baju maupun kesehatan bayi itu sendiri. Terlebih jika bayi Anda mempunyai jenis kulit yang sensitif dan rentan dengan bahan kimia, sehingga tidak cocok menggunakan deterjen biasa.

Secara umum deterjen untuk balita maupun bayi mempunyai manfaat tersendiri untuk kesehatan bayi seperti mencegah terjadinya masalah kulit yang berupa gatal-gatal, eksim, bintik merah, hingga kering. Semua itu memang sudah menjadi langganan untuk bayi sejak dilahirkan hingga berusia satu tahunan. Meskipun begitu, harus Anda berikan perawatan dan perhatian khusus agar tidak menjadi parah.

Cara Mencuci Pakaian Bayi

Pada dasarnya cara mencuci pakaian bayi tidak jauh berbeda dengan orang dewasa. Hanya saja untuk beberapa kesempatan harus menggunakan deterjen khusus pakaian bayi. Berikut adalah cara mencuci pakaian bayi yang baik dan tepat:

- Pisahkan pakaian yang terkena kotoran dan yang bersih

Hal ini bertujuan agar kotoran tidak bercampur pada pakaian yang bebas kotoran seperti kencing dan sebagainya. Selain itu juga untuk memudahkan saat mengucek dan sebagainya.

- Tidak menggunakan pewangi maupun deterjen secara berlebihan


Penggunaan deterjen yang berlebihan maupun pewangi justru menimbulkan penambahan bahan kimia dalam baju bayi dan itu bisa saja berbahaya untuk kulit bayi. Pakaian bayi cukup diberi deterjen khusus dan dikucek semestinya agar tetap halus dan segar.

- Gunakan air yang mengalir dengan suhu yang tepat

Tentu saja banyak pakaian bayi yang tertempel kotoran sehingga, harus Anda bersihkan terlebih dahulu dengan air mengalir hingga hilang kotorannya. Baru kemudian Anda rendam atau kucek dengan air yang suhunya tepat, tidak terlalu dingin maupun panas.


- Keringkan baju di bawah panas matahari secara langsung

Baju yang dijemur di bawah sinar matahari secara langsung akan kering secara maksimal dan tidak menimbulkan benih jamur.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar