Air Terjun Lembah Anai (Sumatera Barat)

 Air Terjun Lembah Anai (Sumatera Barat)

Air Terjun Lembah Anai (Sumatera Barat)

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi yang ada di sebelah barat Negara Republik Indonesia. Secara geografis letaknya berada pada 0o 54' Lintang Utara dan 3o 30' Lintang Selatan dan antara 98o 36' - 101o 53' Bujur Timur. Luas Wilayah : 42,2 ribu km2. Atau dikenal juga berada pada patahan Sumangko sehingga pada gilirannya membuat daerahnya banyak memiliki potensi sumber daya alam yang dapat dijadikan sebagai obyek wisata. Salah satu dari sekian banyak sumber daya alam yang saat ini menjadi sebuah obyek wisata dan juga maskot pariwisata di Sumatera Barat adalah air terjun Lembah Anai. 

Sedikit sejarah tentang Lembah Anai

Lambah Anai mulai ramai dilewati dan dikunjungi sajak pamerintahan kolonial Hindia Belanda, dengan kemimpinan Gubernur Jenderal Van den Bosch tahun 1833, mememrintahkan keraja paksa pambangunan jalan antara Kayu Tanam sampai Padangpanjang sapanjang 17 km (6 km ruas jalan yang ada di Lambah Anai). Jalan ini dibangun untuk mempermudah akses niaga atau jual beli pemerintah kolonial yang menghubungkan wilayah darek dan pasisia. 

Baca Juga: Air Terjun Lubuak Bulan, Mungka, Kabupaten Lima Puluh Kota

Pada masa Perang Padri, jalan ini berfungsi untuk mobilisasi pasukan kolonial dari Padang. Selain untuk mambangun jalan, keraja paksa ini juga mengerjakan proyek pambangunan rel kareta api untuk membawa batubara dari Sawhlunto atau bahan tambang lainnya dari darek ka Emmahaven, Padang.

Air Terjun Lembah Anai (Sumatera Barat)

Pambangunan rel kareta di Lambah Anai dibuat khusus dengan rel bergigi sehingga perlu kareta khusus rel bergigi dan manjadi salah satu dari dua rel bergigi yang ada di Indonesia dimasanya. Keraja paksa ini tidak hanya melibatkan rakyat yang tinggal di sakitar negri itu yang sedikit jumlahnya, tapi rakyat dari babagai daerah lain karena susahnya medan yang dikerjakan.

Baca Juga: 5 Tempat terindah dan terbaik di Budapest

Pada masa Agresi Militer Belanda II, Lambah Anai manjadi garis pertahanan malawanan Sekutu. Para pejuang kamardekaan memanfaatkan alam lambah untuak menghambat pergerakan Tantara Sekutu. Pejuang memutus jalan di Lambah Anai dengan manumbangan batang-batang pohon serta menjadikan puncak-pucak bukit dengan sela-sela hutan untuk menembak musuh.

Lokasi  air terjun Lembah Anai

Air terjun atau yang biasa orang Minang sebut aia tajun atau aia mancua Lembah Anai ini terletak di pinggir jalur jalan trans Sumatera antara Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Tepatnya berada di Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Kotio, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Indonesia.

Air terjun yang berketinggian sekitar 35 meter ini merupakan bagian dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam yang menuju daerah patahan Anai. Oleh pemerintah daerah setempat Lembah Anai sebenarnya dijadikan kawasan cagar alam yang berfungsi sebagai penyedia air, pengaturan tata air (banjir dan erosi), kestabilan iklim mikro, produsen oksigen dan penyerap CO2. 

Namun, sebagai dampak dari menggeliatnya sektor pariwisata di tanah air yang menyebabkan banyak daerah berlomba-lomba memaksimalkan potensi daerahnya untuk menarik wisatawan, maka sebagian wilayah cagar alam ini akhirnya dijadikan sebagai obyek wisata.

Baca Juga: Pemandian Batang Tabik Payakumbuh

Keindahan air terjun Lembah Anai

Air terjun Lembah Anai yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati hutan Gunung Singgalang sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah Anai dan membentuk kolam tempat air berkumpul. 

Air Terjun Lembah Anai (Sumatera Barat)

Air terjun yang berkabut air membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari. Debit airnya cukup deras dan stabil di musim penghujan namun akan sangat deras saat hujan lebat turun. Tak jarang air terjun ini akan mengalami banjir dan airnya meluap ke jalan raya.

Jalan Menuju ke air terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai berada tepat di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi. Untuk mencapai tempat tersebut dari Kota Padang bisa ditempuh perjalanan selama lebih-kurang satu jam menggunakan angkutan umum, kendaraan pribadi atau kereta api pariwisata. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, di tempat wisata air terjun Lembah Anai ini menyediakan areal parkir yang cukup luas.

Harga tiket air terjun Lembah Anai

Harga Tiket Wisata Air Terjun Lembah Anai
Tiket masuk dewasaRp 5.000
Tiket masuk anak-anakRp 3.000
Biaya parkirRp 2.000 – Rp 15.000
Kuliner sekitar air terjunRp 2.000 – Rp 25.000


0 Response to "Air Terjun Lembah Anai (Sumatera Barat)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel