Vaksin Covid-19 Pada Anak, Aman!

Vaksin Covid-19 Pada Anak, Aman! 

Penyebaran virus Covid-19 setiap harinya pada anak-anak kian marak. Hingga pertengahan tahun 2021, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat, 140.877 kasus Covid-19 pada anak, 556 di antaranya meninggal dunia. 

Untuk mencegah kenaikan kasus pada anak, seluruh pemerintahan di Indonesia menggencarkan vaksinasi untuk anak berusia 12-17 tahun. Vaksinasi dilakukan menggunakan vaksin CoronaVac dan termasuk dalam tahap 3 yang juga menyasar masyarakat rentan serta umum.

Mungkin bagi sebagian orang, melakukan vaksinasi untuk anak-anak ini menimbulkan pertanyaan.  Sepenting apa vaksinasi covid untuk anak? Apakah vaksin aman untuk anak? Akankah ada efek samping berlebih? Kalau kamu ingin tahu jawabannya, yuk simak artikel berikut!

Vaksin Covid-19 Pada Anak, Aman!

Vaksin covid pada anak sangatlah aman. Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), Untuk Vaksin yang boleh digunakan pada anak usia 6-11 tahun vaksin yang telah memiliki izin penggunaan darurat oleh BPOM. 

Perlu dilakukan penelitian dan observasi lebih lanjut terhadap beberapa efek samping yang muncul pada si Kecil, tapi vaksin covid-19 memang aman untuk si Kecil. 

Bunda perlu ketahu terdapat dua KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) vaksin Covid-19 pada anak, yaitu umum dan juga lokal. 

Untuk KIPI lokal, hanyak bengkak di tempat suntikan. Sementara KIPI umum, akan terdapat rasa lelah, sedikit mual, si Kecil akan kurang aktif. Bunda tidak perlu khawatir, terkadang efek samping tersebut bisa juga tidak muncul. 

Lantas seperti apa sih biasanya efek dari vaksin kepada anak?

  1. si Kecil akan memiliki sakit kepala,
  2. Nyeri bekas suntikan muncul pada lengan anak
  3. Sakit Sendi dan otot pada anak
  4. Kemudian akan muncul gejalan mual dan muntah
  5. Rasa mudah lelah pada anak
  6. Si Kecil anak akan memiliki seperti flu
  7. Kemungkinan akan mengigil jangka waktu 1 sampai 2 hari, dan
  8. Demam diatas 37,8 derajat

Nah berhubung banyak sekali efek samping bagi anak setelah vaksin, sebaiknya anak beristirahat dengan cukup, banyak meminum air putih dan meminum obat sesuai anjuaran dokter.

Sekian artikel mengenai Vaksin Covid-19 pada anak, semoga bermanfaat.

0 Response to "Vaksin Covid-19 Pada Anak, Aman!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel