Caretet.com

Caretet.com

5 Kebiasaan Buruk Anak Zaman Now Ketika Mau Ujian Semester, UN atau pun Ujuan CPNS


Bicara soal ujian pasti anak-anak zaman now langsung pada panik dan kalang kabut ketika mendengarnya. Padahal ujian itu merupakan wadah untuk mengukur sejauh mana kemampuan si anak.

Namun belakangan ini karena terlalu besarnya dorongan dari orang tua agar anak-anak mereka mendapatkan nilai bagus. Hal ini membuat si anak menjadi lebih giat lagi dalam belajar.

Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan buruk anak zaman now ketika mau menghadapi ujian:

1. Bermain Game
Sumber : Merdeka
Zaman berteknologi canggih seperti saat sekarang ini sangat banyak sekali godaan bagi anak-anak untuk belajar. Baik itu anak-anak yang masih sekolah SD, SMP, SMA, S1maupun anak zaman now yang bakalan ikut test CPNS.

Begitu besarnya godaan game tersebut membuat si anak lupa akan tanggung jawabnya yaitunya menuntut ilmu. Walaupun masih ada segelintir anak yang tahan dengan godaan yang cukup kuat ini mungkin mereka lah yang akan sedikit bermanfaat bagi nusa dan bangsa ini.

Namun dibalik kebiasaan buruk ini ada juga kok anak-anak yang berprestasi, walaupun 1: 100 sih

2. Bermain Dengan Teman Tanpa Melihat Waktu
Sumber : Merries
Ya inilah salah satu kebiasaan buruk anak-anak zaman now, ketika disuruh belajar dia akan bilang. Nanti saja sebentar lagi, lagi mau ke rumah si anu nih sebentar.

Hadeh, bikin kepala pusing anak-anak zaman now. Apalagi anak kuliahan yang pulangnya sering tengah malam, ketika sesampai dirumah tentu badan sudah capek dan setelah itu tidur. Lalu kapan mau belajarnya? Mau di pagi subuh? eh bangunnya kesiangan. Padahal paginya mau ujian tuh, ayo siapa yang pernah ngerasain hal ini?

3. Belajar Kebut Semalam
Sumber: Republika
Yah inilah kebiasan buruk yang paling terburuk yang pernah penulis rasakan. Kejadiannya waktu kuliah dulu, ketika itu akan diadakannya ujian semester. Namun ketika disiang hari penulis masih saja sibuk dengan aktifitas-aktifitas kampus seperti dalam organisasi dan bertemu dengan teman. 

Ketika malam harinya baru ingat kalu besok ada ujian pagi-pagi jam 8. Dan langsung saja deh buka buku, namun karena materi yang dipelajari banyak terpaksa begadang sampai jam 2 pagi dan setelah itu tidur.

Alhasil di pagi harinya kesiangan, ketika itu jam menunjukan jam 7:30. Ketika sadar hal itu langsung bergegas dengan mata yang masih terasa berat masuk kedalam kamar mandi. Setelah itu cuci muka, gosok gigi dan ganti baju (menghabiskan waktu 10 menit). Setelah itu pasang sepatu lalu keluarkan sepeda motor dari bagasi kos (menghabiskan waktu 10 menit).
Sumber: papasemar
Karena sepeda motornya belum dipanaskan sepeda motornya mati-mati. Setelah motornya hidup gas pol no rem dengan kecepatan 100 km/jam. Segala rintangan terlewati, sesampai dikampus berlarian menuju ruangan kelas. Sesampai dikelas teman-teman yang lain sudah pada mengerjakan soal ujian, dengan tampang masam si dosen juga agak jengkel karena telat datang ketika mau ujian.

Ketika itu jam sudah menunjukan jam 08:10, ketika itulah baru terasa ketika ujian setiap detiknya itu terasa sangat berharga. Setelah duduk dikursi, dan membuka lembaran soal baru teringan bahwa belum mandi. Yah sudah lah, lanjut aja orang kan tidak tau. Tapi ketika itu lah semua soal-soal terasa sulit karena pikiran sudah bercabang-cabang dan hasil ujiannya tentu tidak optimal.

Sebaiknya apa yang penulis lakukan tersebut jangan ditiru ya!

Apa sobat yang lain pernah merasakan hal ini?

4. Ketika Mau Ujian Membuat Kunci Jawaban
Sumber: Okezone News
Ini sih pengalaman teman penulis, bagi teman penulis maaf ya pengalamannya penulis ceritakan di depan publik.

Anggap aja nama teman penulis itu si mawar, walaupun sebenarnya dia laki-laki sih. Tetapi karena apes, ya mau gimana lagi mending dikasih nama mawar aja. Nanti kalau dikasih nama ujang bisa-bisa penulis dikejar oleh pak ujang tetangga penulis nantinya.

Ketika itu si mawar sedang membuat kunci jawaban di dalam secarik kertas sebelum ujian dimulai dan menyimpan kertas tersebut di saku bajunya. Namun ketika ujian ternyata soal ujiannya tidak lah sulit malah bisa dikatakan apa yang dihafal itu yang keluar.
Sumber: Malasbanget
Namun sangat disayangkan, ketika si mawar lagi asik membuat jawaban dosen yang mengawas datang menghampirinya dan dosen tersebut melihat kertas yang ada di dalam saku si mawar.

Saat itu si dosen marah besar, kami yang lain jadi hilang konsentrasi ketika mendengar dosen itu marah-marah. Alhasil lembar jawaban si mawar di ambil oleh dosen tersebut dan dia juga di usir dari ruangan. Padahal isi dari kunci jawabannya tidak ada yang sama dengan soal yang diberikan dosen.

Si dosen pun malah tertawa, dan memberitahukan kepada kami semua mengenai kunci jawaban yang si mawar buat. Dan dosen tersebut juga mengatakan kepada kami, "percayalah kepada kemampuan diri kalian masing-masing maka kalian akan dengan mudah mencapai tujuan kalian".

Nah intinya jangan coba-coba membuat kunci jawaban ketika ujian ya.

Yang pernah ketahuan membuat kunci jawaban pasti tau bagaimana rasanya dimarahi dosen ketika ujian sedang berlangsung.

5. Mau Ujian Malah Pacaran
Sumber: Infobermanfaat168
Anak zaman now kalau ga pacaran ga gaul katanya. Heran juga ya, ada juga pendapat seperti ini apa mereka adalah seorang ahli ya yang dapat mengemukakan sebuah pendapat lalu di ikuti oleh orang banyak.

Namun hal inilah yang terjadi pada saat sekarang ini, berpacaran kalau dalam agama islam diharamkan loh. Lalu akan muncul pertanyaan seperti berikut "Bah, lalu pegi mana caranya untuk mencari tau sifat dari pasangan nantinya kalau tidak melalui pacaran terlebih dahulu?"

Pacaran itu pada dasarnya dilarang karena sebagian besar anak zaman now berpacaran berpegangan tangan. Ketika di atas sepeda motor apalagi motor ninja kecepatan motornya hanya 50 km/jam tetapi pelukannya 150 km/jam.

Kembali ke permasalahan utama, biasanya orang yang pacaran dimalam harinya mereka akan telfon-telfonan sehingga mereka jadi lupa jika besok ada ujian. Dan alhasil ujiannya hancur berantakan deh, setelah itu baru sadar akan kesalahan.
Sumber: Kursustofl
Kalau pacarnya pengertian ya sukur deh, tapi jika pacarnya seperti yang di atas ini yang suka telfon-telfonan di malam hari padahal kita besok mau ujian mending putusin aja deh. Jangan sampai masa depan kalian hancur gara-gara satu orang yang belum tentu menjadi milik kalian nantinya.

Mungkin dari kelima kebiasaan buruk ini tidak selamanya akan berdampak buruk, tapi mungkin ini hanya berlaku bagi segelintir orang saja.

Nah sekian dulu artikel ini, semoga pembaca bisa mendapatkan hikmahnya setelah membaca artikel ini. Terlebih terkurang mohon dimaafkan.

10 Fakta Unik Masjid Raya Sumatera Barat Yang Wajib Kamu Ketahui


Masjid Raya Sumatera Barat Merupakan salah satu masjid yang berada di Sumatera Barat. Lokasinya pun berada di ibu kota Sumatera Barat yaitunya di Kota Padang.

Ada benyak hal unik jika kita melihat Masjid Raya Sumatera Barat tersebut. Pada kesempatan kali ini penulis akan akan memaparkan 10 Fakta Unik Masjid Raya Sumatera Barat:

1. Masjid Yang Memiliki Luas Lahan Terluas
Sumber: Fakta-akurat
Masjid Raya Sumatera Barat ini memiliki luas lahan yang sangat luas yaitunya lebih kurang luasnya adalah 41 hektar. Pembangunan masjid dengan lahan yang sangat luas ini tentu memiliki banyak tujuan, selain dari untuk bangunan masjid itu sendiri disana juga akan didirikan beberapa sarana prasarana seperti Taman, Menara, Pelantaran, Fasilitas Komersil dan masih banyak lagi.

Dimasjid ini juga tersedia lahan parkir yang sangat luas layaknya seperti di sebuah bandara. Sehingga dapat menampung banyak kendaraan.

2. Masjid Terbesar Di Sumatera Barat
Sumber: SkyscraperCity
Tidak ada masjid yang lebih besar di Sumatera Barat selain dari Masjid Raya Sumatera Barat. Dengan ukuran masjid yang besar yang memiliki ukuran kira-kira 18.000 meter persegi. 

Masjid ini didirikan di tempat yang sangat strategis tepat di jantung Kota Padang. Sehingga seluruh masyarakat Kota Padang dapat dengan mudah mengakses jalan ke masjid ini. Masjid ini berada di dekat persimpangan antara Jl. Khatip Sulaiman dan Jl. KH. Ahmad Dahlan.

3. Arsitektur Modern Khas Minangkabau

Biasanya masjid memiliki arsitektur yang memiliki ciri khas tersendiri, memiliki menara dan kubah. Namun pada arsitektur Masjid Raya Sumatera Barat memiliki keunikan tersendiri, yaitunya masjid tersebut memiliki gonjong dimana setiap sudutnya memiliki gonjong berbentuk lancip seperti halnya Rumah Adat Minangkabau .

4. Dirancang Oleh Arsitek Terhebat

Kenapa arsitek masjid ini dirancang oleh arsitek terhebat? Jawabannya adalah ketika akan membangun masjid ini pada tahun 2007 diadakan saimbara yang di ikuti oleh 323 arsitek terbaik dari berbagai negara.
Sumber: Suaramasjid
Dari ratusan desain yang dibuat oleh para peserta, yang masuk nominasi ada 71 design yang memiliki kesesuaian dengan target pembangunan masjid ini. Ketika itu yang menjadi ketua team juri  adalah Wisran Wahit yang merupakan seorang sastrawan.

Setelah penilaian Arsitek yang menjadi juara dalam perancangan dari arsitek bangunan Masjid Raya Sumatera Barat adalah Rizal Muslimin.

5. Masjid Yang Dapat Menampung 20.000 Orang Jama'ah
Sumber: gosumbar
Dengan luas yang dimiliki masjid yang 18.000 meter persegi ini tentu dapat menampung banyak sekali jama'ah. Secara umum bagian lantai dasar dapat menampung sampai 15.000 jama'ah dan bagian lantai 2 dan 3 dapat menampung sekitar 5000 jama'ah. Sehingga secara umum total dari keseluruhan daya tampung masjid ini sampai 20.000 orang jama'ah.

Namun dalam realisasinya tentu bisa lebih karena perkiraan tersebut hanya berdasarkan bagian dalam ruangan saja, belum lagi jama'ah yang berada di teras masjid.

6. Tahan Gempa Hingga 10 SR
Sumber: PT Beton Konstruksi Wijaksana
Sumatera Barat berada di bagian potongan lempeng bumi yang mengakibatkan sering terjadinya gempa bumi. Sehingga Masjid Raya Sumatera Barat ini dibangun dengan konstruksi yang kuan dan tahan terhadap gempa sampai dengan 10 Skalai richter. 

Selain itu masjid ini dirancang sedemikian rupa. Selain dapat digunakan sebagai tempat ibadah masjid ini juga dijadikan sebagai alternatif untuk mengevakuasi jika terjadinya bencana tsunami. Karena pada dasarnya ketika terjadinya gempa berkekuatan besar maka biasanya akan memicu terjadinya tsunami.

7. Masjid Yang Didirikan Dengan Dana Kurang Lebih 507,82 Miliar
Sumber: Kerikripik
Pada awal tahun 2018 ini Masjid Raya masih dalam tahap pembangunan, dimana pada saat sekarang ini sedang dibangunnya menara Masjid Raya Sumatera Barat Tersebut. Jika dihitung semenjak meletakkan batu pertama dalam pembangunan masjid ini pada tahun 2007 tepatnya pada tanggal 21 Desember, pembangunan masjid ini sudah memakan waktu kurang lebih 10 tahun.

Pembangunan Masjid ini pun dilakukan secara bertahap, hal ini dikarenakan anggaran dana dari Provinsi Sumatera Barat tidak mencukupi jika untuk. 
Sumber: Seruni
Oleh sebab itu pembangunan masjid ini melalui beberapa tahap diantaranya:
  • Pada tahap pertama di awal tahun 2008 difokuskan untuk menyelesaikan struktur bangunan, dan hal ini menghabiskan waktu sampai 2 tahun.
  • Pada tahap kedua dilanjutkan dengan pengerjaan tempat sholat dan berwuduk pada tahun 2010
  • Tahap ketiga dimulai memasangkan keramik lantai dan eksterior masjid pada tahun 2011
  • Di tahap ke empat pada pertengahan tahun 2012 dimulai untuk penyelesaian teras terbuka yang melandai ke jalan dan sekaligus ramp
  • Tahap kelima pengerjaan interior ubah dan penyelesaian ramp yang berfungsi untuk jalur evakuasi pada tahun 2014
  • Tahap ke enam penyelesaian fasat dan lantai masjid kembali dilanjutkan di pertengahan tahun 2016
Sumber: simas.kemenag
Pada tahap-tahap pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat ini sudah menghabiskan dana anggaran sekitar Rp 240,751 miliar. Kemudian pada tahun 2017 pembangunan menara dimulai, dan tentunya sampai saat sekarang ini tanggal 22 Januari 2018 pembanguan menara ini masih berlangsung.

8. Dibuka Pada 7 Februari 2014

Masjid Raya Sumatera Barat resmi dibuka pada tanggal 7 Februari 2014, dan pada saat ini masjid ini juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Turki berupa karpet permadani. Hal ini tentu dengan tujuan untuk penunjang saat masyarakat beribadah di masjid ini.

Selain itu bantuan ini di dapat karena bentuk kerja sama pemerintah Provinsi Sumatera Barat yang sudah terjalin dengan baik dengan pemerintahan Turki.

Berhubung tanggal 7 Februari 2014 jatuh pada hari jum'at, hal ini menjadikan pelaksana'an sholat jum'at tersebut menjadi salah satu pembukaan masjid sekaligus pelaksanaan sholat perdana di masjid tersebut.

9. Perangkat Masjid Terdiri Dari Orang-Orang Hebat

Perangkat masjid yang dimaksud disini adalah seperti imam, mu'azin, dan khatip. Terutama di hari jum'at yang menjadi imam, mu'azin, dan khatip adalah orang-orang hebat berupa master, doktor, profesor bahkah hafiz Al-Qur'an.

Sudah 4 kali sholat jum'at penulis mencoba hadir di Masjid Raya Sumatera Barat ini, yang menjadi imam, mu'azin ataupun khatipnya tidak ada yang bertitle sarjana apalagi yang tidak memiliki title. Semuanya di atas sarjana semua, dan tentu terdiri dari orang-orang hebat yang ada di Sumatera Barat.

Tidak percaya, ayo mari kita buktikan!

10. Masjid Yang Memiliki Kapasitas Luas Yang Tidak Meminta Uang Parkir atau Semacamnya

Mungkin ditempat lain kita sering menemukan oknum-oknum yang suka meminta uang parkir, terutama di tempat yang berukuran besar dan memiliki pengunjung ratusan sampai ribuan. Namun berbeda dengan halnya Masjid Raya Sumatera Barat, hal ini selalu dijelaskan oleh pengurus masjid ketika akan dimulainya sholat jum'at bawa "Jika jama'ah parkir di area masjid tidak akan di pungut biaya". 

Nah itulah 10 Fakta Unik Masjid Raya Sumatera Barat, Masjid ini dibuka untuk umum terutama bagi umat yang beragama Islam, dan pada saat ini sarana prasarana masjid sudah cukup lengkap.

Thanks For Waching

Masjid Raya Sumatera Barat, Dengan Kemegahan dan Keindahan


Salah satu masjid terbesar yang ada di Sumatera Barat adalah Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid yang memiliki arsitektur tahan gempa ini memiliki ciri khas, yaitunya atap masjid yang bergonjung seperti layaknya rumah adat Minangkabau.

Masjid yang didirikan dengan uang ratusan miliar ini memang sangatlah indah, ditambah lagi dengan taman yang ada di sekeliling masjid. Hal ini membuat Masjid Raya Sumatera Barat ini menjadi masjid terbesar dan terindah di Sumatera Barat.

Setidaknya setiap hari Jum'at masjid ini selalu ramai dengan jama'ahnya yang membeludak sampai ke teras luar masjid. Penulis pernah jum'atan di masjid ini dan jama'ahnya ramai sekali. Selain itu yang menjadi mu'azin ataupun khatip yang khutbah pun adalah orang-orang hebat yang bergelarkan Master, Doktor, dan Profesor.

Selain itu masjid ini didirikan dengan sangat kokoh, karena masjid ini di desain agar tahan dari gempa sampai 10 SR. Sekaligus masjid ini adalah tempat mengungsi bagi masyarakat padang jika terjadi bencana alam seperti tsunami.

Pada saat sekarang ini Masjid Raya masih dalam tahap pembangunan, karena bagi orang Padang tentu dapat melihat pada saat sekarang ini sedang didirikannya menara masjid. Dengan berdirinya menara ini tentu nantinya akan menambah keindahan masjid.

Semoga saja dengan keindahan Masjid Raya Sumatera Barat ini akan dapat mengajak dan menarik seluruh orang-orang yang beragama Islam untuk menunaikan ibadah di masjid ini. Jika tidak tentu pembangunan masjid ini akan jadi sia-sia.

Masjid ini berada di jantung Kota Padang, tepatnya di dekat persimpangan antara Jl. Khatip Sulaiman dan Jl. KH. Ahmad Dahlan.

Limabuang Kampung Tradisional Wisata


Limabuang merupakan salah satu perkampungan yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat. Kampung ini merupakan bagian dari wilayah Jorong Sungai Guntung, Kenagarian Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam.

Saat ini yang menunjang perekonomian masyakat di kampung ini adalah dari sektor petanian dan perkebunan. Sebagian besar hasil dari pertanian digunakan masyarakat untuk dikonsumsi sendiri, layaknya seperti kampung yang mandiri tanpa harus mengimpor pangan dari luar.

Sedangkan untuk hasil perkebunan diantaranya seperti biji kopi, coklat, kayu manis, gambir dan lain-lain dijual ke perkampungan sebelah. Inilah yang menjadi salah satu sumber perekonomian kampung Limabuang.

Pada saat sekarang ini masyarakat Limabuang membuka akses wisata untuk umum, terutama bagi orang-orang yang ingin me refresh otak dari kejenuhan wilayah perkotaan. Dengan menawarkan keindahan alam yang masih natural tanpa adanya sentuhan moderenisasi, tentu di kampung ini kita akan dapat merasakan bagaimana hidup di zaman dahulu.

Untuk menuju lokasi kampung Limabuang pada saat sekarang ini hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda. Untuk track yang akan dilalui bukanlah jalanan beraspal, tetapi masih jalan alam. Dimana ketika musim penghujan maka jalanan akan becek dan berlumpur. Dari Kota Bukittinggi membutuhkan waktu 2 jam perjalan untuk sampai di lokasi.

Disini kita bisa merasakan kenaturalan daerah perkampungan yang sangat menyatu dengan alam, tanpa adanya hiruk pikuk daerah perkotaan dan bunyi kendaraan yang modar-mandir dan bunyi klaksonnya. Ini sangat cocok sekali bagi orang-orang yang ingin menenangkan fikiran.

Bagi wisatawan yang ingin menginap akan ditempatkan di rumah-rumah warga, karena di sini tidak ada hotel, homestay ataupun yang lainnya. Dan sediakanlah beberapa hal yang dibutuhkan seperti obat-obatan, peralatan mandi dan lain-lain.

Untuk masalah jaringan ponsel jangan berharap banyak deh di kampung Limabuang. Kampung ini benar-benar natural tanpa adanya teknologi. Sedangkan untuk listrik baru-baru ini baru masuk ke perkampungan ini melalui bantuan dana PNPM untuk mendirikan pembangkit listrik mikro. Selain itu sepeda motor juga masih bisa dihitung dengan jari.

Mungkin hal-hal lain yang kita butuhkan ketika disini adalah sebuah kamera atau smartphone untuk mengambil momen-momen natural dan keindahan alam yang ada disini.

Pokoknya kampung ini cocok bagi orang-orang yang ingin merasakan bagaimana rasanya daerah perkampungan yang benar-benar bebas dari moderenisasi. Oh iya untuk tempat ibadah, bagi yang beragama Islam sudah tersedia kok. Hanya saja tempat ibadahnya kurang layak dan bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Inilah potret Kampung Natural Limabuang:

sumber: Arko Aria Koto
sumber: Arko Aria Koto


sumber: Arko Aria Koto

sumber: Arko Aria Koto



Yakjuj Makjuj Akan Muncul Di Akhir Zaman


Kita pada saat sekarang ini sudah berada di penghujung zaman, sudah sangat banyak sekali tanda-tanda hari kiamat yang dapat kita lihat di depan mata kita.

Sebagaimana sudah dijelaskan di dalam artikel saya sebelumnya bisa sobat baca di link di bawah ini:

Salah satunya yaitu munculnya yakjuj dan makjuj. Munculnya yakjuj dan makjuj didahului dengan datangnya dajjal laknatullah dan munculnya dukhan.

Kedua hal tersebut kita manusia biasa ini tidak tau yang mana akan datang, apakah dajjal yang duluan datang atau dukhan yang duluan datang dan para ulama pun berbeda pendapat mengenai hal ini.

Yakjuj dan makjuj merupakan keturunan dari nabi Adam, dan hal itu pun dijelaskan di dalam Al-qur'an. Yakjuj dan makjuj merupakan dua suku yang memiliki kebiasaan buruk. Mereka akan membinasakan dan membunuh apa-apa saja yang nampak di depan mata mereka.

Di dalam Al-Qur'an dijelaskan bahwa yakjuj dan makjuj di kurung di dalam tembok yang di buat oleh Nabi Dzul Qarnain. 

Yakjuj dan Makjuj adalah manusia terkuat yang pernah diciptakan oleh Allah SWT. Dan mereka nantinya akan dimusnahkan Allah melalui ulat-ulat yang menggerogoti tubuh mereka.

5 Smartphone yang Dijuluki Best Design Smartphone 2018

Banyak sekali smartphone yang sudah diciptakan oleh tangan-tangan profesional. Sehingga kita semua dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin hari semakin banyak smartphone yang baru dan tentunya dikukung dengan keunggulan teknologi yang mumpuni. Namun pada saat sekarang ini, desain dari smartphone juga menjadi sebuah keunggulan agar konsumen mau membeli smartphone tersebut.

Berikut ini adalah smartphone yang dijuluki best design smartphone di tahun 2018:

1. Samsung Galaxy S8 dan S8 Plus

Salah satu smartphone unggulan samsung ini merupakan smartphone yang memiliki desain yang unik dengan layar 5,2' untuk Samsung Galaxy S8 dan 6,2' untu S8 plus. Ditambah lagi didukung dengan kapasitas batrai yang cukup luas yaitu 3000 mah.

2. Iphone 8 dan 8 plus

Iphone yang merupakan hasil karya dari apple yang memiliki teknologi yang terbaru. Iphone 8 dan 8 plus merupakan saingan dari samsung s8 dan s8 plus. Ukuran layar iphone 8 memili ukuran 4,7' sedangkan iphone 8 plus yang memiliki ukuran 5,5'.

3. Google Pixel 2 dan Pixel 2XL

Smartphone buatan google ini merupakan salah satu smartphone yang memiliki design yang baik, Baik itu design case maupun desain teknologinya dan ukuran layar dari smartphone adalah 6'.

4. Samsung Galaxy Note 8
Selanjutnya adalah smartphone keluaran samsung yaitunya Samsung Galaxy Note 8. Smartphone ini memiliki ciri khas yaitunya memiliki staylus pen.

5. ZTE Nubia Z11

Smartphone yang terakhir adalah ZTE Nubia Z11 memiliki ukuran layar 5,5'.

Nah itulah smartphone yang memiliki design terbaik di awal tahun 2018. Jika sobat tertarik dengan pembahasan smartphone ini silahkan like postingan artikel ini. Thanks for waching and Regard

Review Smartphone Samsung Grand Prime

Pada bulan mei 2014 penulis membeli sebuah smartphone Samsung Grand Prime, smartphone ini pada saat itu baru dirilis di indonesia. Harga yang harus penulis bayarkan ketika membeli smartphone Samsung Grand Prime adalah Rp 2.400.000.

Ketika itu hati sangat senang sekali ketika memiliki smartphone canggih ini, namun berselang waktu di awal tahun 2015 harga smartphone ini menjadi turun menjadi 2.100.000. Ketika itu penulis merasa rugi ketika membeli smartphone ini.

Namun dengan berjalannya waktu penulis mulai nyaman dengan smartphone buatan samsung ini. Sampai saat ini pun penulis masih memakai smartphone tersebut.

Hal ini dikarenakan Samsung Grand Prime ini memiliki keistimewaan tersendiri bagi penulis, selain dapat untuk menjadi alat komunikasi. Melalui smartphone ini juga lah penulis dapat mengirimkan banyak artikel sehingga pembaca dapat membacanya.

Mungkin pembaca kesal dengan artikel penulis ttg review ini, namun artikel ini penulis buat untuk membuat sebuah kata pengantar karena kedepannya caretet.com juga akan membahas seputar teknologi terbaru kedepannya.

Baik itu berupa Smartphone, PC, Laptop, Notebook, Jam dan beberapa hal yang di anggap penting lainnya. Karena penulis berpikir pembaca akan jenuh jika membaca artikel di caretet.com hanya perihal wisata saja. Ada wisata alam, wisata romantis, wisata minang, wisata bukittinggi dan wisata-wisata lainnya.

Sebenarnya penulis pun juga agak jenuh ketika menulis tentang artikel wisata ini, karena yang dibahas disana hanya tentang keindahan. Padahal dunia ini tidak seindah yang kita bayangkan.

Untuk revier smartphone samsung grand prime sendiri untuk spesifikasi mungkin penulis tidak akan memaparkannya lagi. Tentu semua pembaca sudah tau tentang smartphone yang satu ini.

Menurut penulis kelebihan smartphone samsung grand prime ini adalah ketika dibandingkan dengan beberapa smartphone canggih seperti yang ada sekarang ini adalah masalah penangkap jaringan.

Ketika dibandingkan dengan beberapa smartphone yang cukup populer seperti Xiaomi, Asus, Oppo dan beberapa smartphone lainnya, penangkapan jaringan di samsung grand prime ini jauh lebih baik. Terutama di daerah-daerah yang jaringannya sering hilang-hilang timbul.

Ketika smartphone lainnya tidak mendapat jaringan, samsung grand prime ini malah dapat jaringan walaupun hanya satu bar. Selain itu juga dapat digunakan untuk telfon ataupun SMS seseorang.

Memang samsung grand prime tidak suport 4G, akan tetapi smartphone ini jauh lebih hebat dalam menerima jaringan 3g. Ketika smartphone 4G tidak mampu menggapai jaringan 3G di daerah-daerah terpencil, samsung grand prime ini malah mampu mendapatkan jaringan.

Hal ini terjadi ketika penulis tersesat di sebuah kabupaten di Sumatera Barat. Ketika itu penulis sedang bersama teman, teman ini memiliki smartphone yang canggih yang dilengkapi jaringan 4G. Namun ketika itu jaringan internet di tempat tersebut sangat sulit.

Kami membutuhkan jaringan internet untuk menggunakan google map, namun smartphone teman saya tersebut jaringan internetnya masih tetap konek. Padahal sudah memakai kartu Telkomsel, namun jaringan internetnya masih saja susah.

Oleh sebab itu saya coba membuka smartphone jadul saya, eh ternyata jaringannya internetnya ada. Walaupun ketika itu jaringannya putus-putus nyambung, akan tetapi berkat smartphone jadul ini lah kami bisa selamat sampai tujuan.

Untuk kekurangan dari smartphone ini adalah pada memori internal dan RAM nya. Smartphone ini hanya bisa memiliki beberapa aplikasi. Jika sudah lebih dari 10 aplikasi diluar aplikasi bawaan, smartphone ini langsung terasa berat, maksudnya bukan beban beratnya ya, tetapi loadingnya menjadi lebih berat.

Sehingga jika ingin menggunakan smartphone ini dengan lancar kurang-kurangilah aplikasi yang di instal. Contoh saja seperti yang penulis lakukan, 2 buah aplikasi game dan 4 buah aplikasi tambahan. Dengan begitu smartphone ini akan dapat dioperasikan secara lancar.

Nah sekian dulu artikel mengenai review samsung grand prime ini. Maaf jika tidak ada manfaatnya, namun jika ada pembaca lain yang memiliki smartphone samsung grand prime dan memiliki keluhan atau kelebihan lainnya silahkan saja buat di kolom komentar.

Thanks and regard

Mengenal Kamang Yang Merupakan Salah Satu Tempat Bersejarah Perang Padri dan Perang Kamang | Sumatera Barat


Kamang merupakan sebutan untuk dua kecamatan yang terdapat di Sumatera Barat, yaitunya Kecamatan Kamang Magek dan Kecamatan Tilatang Kamang. Kamang menyimpan banyak sekali sejarah yang mungkin tidak terlupakan, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba menggali kembali sejarah di masa lalu.

Tujuannya tak lain adalah agar semua generasi penerus bangsa ini tak lupa dengan sejarah-sejarah yang ada di tanah air kita yang tercinta ini. Kalau kita lihat bagaimana generasi sekarang, kebanyakan dari mereka hanya berfokus untuk mensejahterakan hidupnya.

Sehingga membuat mereka lupa bagaimana perjuangan nenek moyang mereka di zaman dahulunya untuk menyatukan bangsa ini dan mengusir para penjajah.

Kita dapat melihat pada saat ini generasi muda hanya banyak berfokus untuk mendapatkan uang, setelah itu menjadi orang kaya dan mereka lupa bagaimana para pahlawan dahulunya mengorbankan nyawa demi kemerdekaan bangsa ini.

Perang Padri
Peperangan yang cukup terkenal di Sumatera Barat adalah Perang Kamang. Perang ini terjadi ketika selesainya Perang Padri yang mana ketika itu terjadinya perselisihan antara 2 kelompok. Kedua kelompok ini merupakan Masyarakat Minangkabau, dan merupakan sejarah yang kelam bagi orang minang.

Kelompok yang satu merupakan perkumpulan para ulama yang di juluki sebagai Kaum Padri, Sedangkan kelompok yang satu lagi di sebut dengan Kaum Adat.

Ketika itu seluruh masyarakat Minangkabau sudah memeluk agama Islam baik dari golongan Kaum Padri ataupun Kaum Adat. Namun ketika itu Kaum Adat masih memiliki kebiasaan-kebiasaan lama yang bertentangan dengan ajaran Agama Islam.

Seperti perjudian, sabung ayam, minum-minuman keras dan banyak lagi yang lainnya, yang mana kebaiasan buruk ini merupakan kebiasaan lama orang-orang Minangkabau sebelum semuanya mengenal agama Islam.

Inilah salah satu penyebab terjadinya Perang Padri, dimana ketika itu masyarakat adat enggan untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk mereka. Sehingga membuat perpecahan terjadi antara Kaum Padri dan Kaum Adat.

Tentu permasalahan ini juga dijadikan oleh orang-orang yang tidak menyukai agama Islam untuk membentur-benturkan antara aturan dalam adat dan agama Islam, dengan niat mereka agar terjadinya perpecahan di Minangkabau. Sampai sekarang hal ini pun masih saja terjadi, namun karena berkah Allah SWT orang-orang minang diciptakan sebagai orang-orang yang cerdik dan pintar.

Penulis pun berharap generasi penerus Minangkabau kedepannya juga tetap dapat menjaga kerukunan yang sudah terjalin sampai saat sekarang ini. Jangan sampai mau dipecah belah oleh orang-orang yang ingin menghancurkan adat Minangkabau dan Agama Islam.

Kembali ke cerita perang padri, perang ini terjadi dari tahun 1803 sampai tahun 1833. Ketika itu Kaum Padri dipimpin oleh Harimau Nan Salapan, dimana Harimau Nan Salapan ini merupakan kumpulan dari beberapa orang pemimpin yang ada diantaranya : Tuanku Pasaman, Tuanku Nan Renceh, Tuanku Rao, Tuanku Tambusai, Tuanku Mansiangan, Tuanku Barumun, Tuanku Pandai Sikek, dan Tuanku Lintau.

Mereka-mereka yang di atas merupakan para pemimpin-pemimpin hebat yang berada di beberapa daerah di Minangkabau. Dan berdasarkan nama mereka jugalah pemberian nama daerah seperti daerah Lintau, Rao, Pandai Sikek dan yang lainnya.

Adapun pemimpin dari Kaum Adat adalah Yang Dipertuan Pagaruyung yaitunya Sultan Arifin Muningsyah. Pada tahun 1821 Kaum Adat merasa terpojok dan merasa akan mengalami kekalahan, sehingga Kaum Adat memutuskan untuk meminta bantuan kepada Belanda.

Dan ketika itulah petaka mulai terjadi, seperti kancil yang meminta tolong kepada harimau yang sedang kelaparan. Belanda yang sedang haus dengan kekuasaan menambah buruk keadaan, memang pada awalnya Belanda membantu Kaum Adat untuk memenangkan peperangan yang sedang terjadi.

Akan tetapi Belanda memiliki tujuan lain yaitunya menguasai wilayah Minangkabau. Ketika kaum Adat menyadari apa yang sedang direncanakan oleh Belanda. Nasi pun sudah menjadi bubur, ketika kaum adat mulai memberontak kepada Belanda dan bergabung kembali dengan Kaum Padri untuk mengusir Belanda tetap saja mereka mengalami kekalahan.

Hal ini terjadi karena Kaum Adat dan Kaum Padri sudah lelah karena berperang selama 30 tahun, ditambah lagi banyaknya pasukan kedua kaum tersebut yang berguguran. Tentu ketika mereka berperang dengan Belanda mereka tidak akan sanggup untuk melawan.

Itu semua sudah dipikirkan oleh pihak Belanda secara matang dan Belanda hanya butuh waktu yang pas kapan mereka menyerang. Matangannya strategi yang mereka buat itulah yang menjadi kunci kemenangan Belanda ketika itu.

Perang Kamang
Setelah berhasilnya belanda menguasai Minangkabau tentu segala aturan yang ada mereka lah yang menentukan. Sampai pada tahun 1908 terjadinya ketidak adilan dalam aturan yang dibuat oleh Belanda.

Dimana ketika itu terjadinya penerapan pajak yang diluar batas kemampuan masyarakat. Sehingga masyarakat Kamang memutuskan untuk melawan pemerintahan Belanda ketika itu.

Sebenarnya kenaikan penerapan pajak terjadi karena melemahnya perekonomian dunia ketika itu. Yang menyebabkan penjualan hasil bumi Indonesia yang di bawa keluar negeri oleh belanda banyak yang tidak terjual.

Untuk mensiasati hal tersebut, Belanda memutar otak demi kesenangan diri sendiri mereka memutuskan beberpa hal:

  1. Menaikan harga barang yang mereka jual
  2. Memperluas lahan untuk menanam tanaman seperti kopi cengkeh dan lain-lain
  3. Menghapus kerja paksa dan menggantinya dengan pemungutan pajak yang tidak sesuai dengan kemampuan masyarkat.
Hal ini lah yang membuat pecahnya peperangan atara masyarakat Kamang dengan Belanda.

Pemimpin pada saat perang Kamang adalah Muhammad Saleh Datuak Rajo Pangulu atau dikenal dengan Rajo Pangulu.

Ketika itu Rajo Pangulu mengajak beberapa pemimpin lain untuk memperkuat kekuatan ketika berperang. Diantaranya seperti: Haji Abdul Manan yang berasal dari Bukittinggi, Datuak Parpatiah dari Magek dan beberapa tokoh lainnya.

Namun yang terjadi ketika itu walaupun Rajo Pangulu sudah mengajak beberapa tokoh-tokoh penting, kekalahan di peperangan juga tidak dapat dihindari. Kecanggihan teknologi tentara Belanda ketika itu membuat pasukan Rajo Pangulu dengan mudah ditumbangkan. Ditambah lagi dengan strategi yang dibuat pihak Belanda sangat baik, sehingga seluruh pasukan Rajo Pangulu dan bahkan Rajo Pangulu pun gugur di medan pertempuran.

Kemudian para syuhada yang telah gugur di medan pertempuran itu dimakamkan di dekat Masjid Taluak. Makam tersebut lalu diresmikan menjadi makam pahlawan oleh Jendral A.H. Nasution sebagai mengenang jasa dari para pahlawan Kamang yang telah gugur tersebut.

Selain itu, Jendral A.H Nasution juga membuatkan tugu yang terletak di Koto tangah yang merupakan tempat terjadinya peperangan dan di Simpang Pintu Koto.


Sumber:
wawancara dengan para orang tua
sejarahlengkap "Sejarah Perang Kamang di Sumatera Barat" diakses 21 Januari 2018
Back To Top