• Jelajahi

    Copyright © Caretet
    Pituluik Media

    Iklan

    Minangkabau Merupakan Salah Satu Budaya Indonesia yang Berpanutan Kepada Kitab Al-qur'an| Budaya

    Tuesday, August 22, 2017, August 22, 2017 WIB Last Updated 2018-02-26T11:24:45Z

    [caretet] Minangkabau merupakan salah satu Budaya di Negara Indonesia yang keseluruhan orangnya beragama Islam, dan biasanya orang-orang Minangkabau sangat mudah ditandai dari bahasa dan adat mereka yang menganut sistem kekerabatan matrilinear.

        Matrilinear sendiri merupakan Suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan yang berasal dari pihak ibu. Secara geografis Minangkabau meliputi seluruh daerah Provinsi Sumatera Barat, separuh dari daerah Provinsi Riau, bagian utara dari Provinsi Bengkulu, bagian barat Provinsi Jambi, Barat daya Aceh, dan Negri Sembilan di Negara Malaysia.

    Baca Juga:


        Biasanya orang-orang awam menyebut orang minang dengan sebutan orang padang. Karena Kota Padang merupakan Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Barat. Namun untuk hal ini harus kita garis bawahi, bahwasanya orang Minangkabau itu adalah orang yang menganut agama Islam. Jika ada seseorang yang keluar dari agama Islam (Murtad) maka orang tersebut juga secara otomatis dikatakan keluar dari Masyarakat Minangkabau.

        Masyarakat Minangkabau sangat berpanutan kepada Al-Qur'an, seperti pepatah Minang mengatakan "adat basandi syarak, Syarak Basandi Kitabullah). Mungkin tidak semua orang yang betul-betul memahami mengenai pengertian dari pepatah ini. Dari beberapa literatur yang suda penulis baca, pengertian yang sebenar-benarnya dari pepatah ini adalah " Adat basandi syarak merupakan adat yang didasarkan kepada agama, yang artinya disini pengertian dari syarak adalah agama. dan Syarak basandi Kitabullah yang artinya agama itu di dasarkan kepada kitab Allah Subhanahu Wata'ala".

        Dari pepatah Minang tadi sudah mengkonfirmasi bahwanya masyarakat Minangkabau merupakan masyarakat yang adat istiadatnya berpanutan kepada kitab Al-Qur'an. Dan Al-Qur'an lah yang menjadi dasar-dasar dari aturan-aturan adat Nya.

        Nah dari sini pembaca sudah dapat memahami mana yang orang minang dan mana yang bukan orang minang bukan?

    Jadi jangan lagi mengaku-ngaku sebagai orang Minangkabau jika kalian bukanlah orang yang ta'at akan agama dan bukan beragama islam. Karena pada dasarnya orang Minangkabau itu adalah orang yang beragama Islam.

        Nah sekian dulu artikel ini penulis tulis, mungkin kata-kata terakhir di atas agak kasar. Akan tetapi kita harus ingat orang Mingkabau itu sangat menjunjung tinggi agama Islam. karena dasar dari Adat Minangkabau adalah Al-Qur'an.

    Note :

    Wikipedia. "orang Minangkabau". Diakses 22 Agustus 2017
    Wikipedia. "Matrilinear". Diakses 22 Agustus 2017
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini